Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Pria Ini Paling Banyak Menyunting dan Menulis Informasi di Wikipedia

Steven Pruitt. (dok. CBS News)

Topcareer.id – Steven Pruitt telah membuat hampir 3 juta suntingan di Wikipedia dan menulis 35.000 artikel asli. Itu membuatnya tidak hanya mendapat pujian tetapi juga status yang hampir legendaris di internet.

Ensiklopedia online Wikipedia sekarang menawarkan lebih dari 5,7 juta artikel dalam bahasa Inggris dan jutaan lainnya diterjemahkan ke dalam bahasa lain – semua ditulis oleh relawan online.

Pruitt dinobatkan sebagai salah satu orang paling berpengaruh di internet oleh majalah Time, sebagian karena sepertiga dari semua artikel berbahasa Inggris di Wikipedia telah diedit olehnya. Suatu prestasi yang luar biasa.

Pruitt sangat terobsesi dengan sejarah, dan kecintaannya pada opera menginspirasi nama penggunanya di Wikipedia: Ser Amantio Di Nicolao, karakter opera favoritnya.

Baca juga: Kisah Azie Taylor Morton, Orang Kulit Hitam yang Tanda Tangannya Tercantum di Mata Uang Dolar AS

“Artikel pertamaku adalah tentang Peter Francisco, yang merupakan kakek buyutku, dia adalah seorang sersan di Senat Virginia dan ada penculikan, kemungkinan pembajakan. Jika Anda membaca cerita itu, Anda tidak akan percaya bahwa semua itu terjadi.”

Masih tinggal bersama orang tuanya di rumah tempat ia dibesarkan, Pruitt selalu tetap setia pada minatnya. “Bocah itu gila. Saya tidak tahu mengapa dia membuang-buang waktu, bocah itu gila,” Pruitt mengatakan apa yang orangtuanya katakan tentang dirinya yang menjadi sukarelawan Wikipedia.

Pandangan itu mungkin telah berubah ketika majalah Time menamainya sebagai salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di internet, bersama dengan Presiden Trump, J.K. Rowling dan Kim Kardashian West.

Berapa banyak uang yang ia hasilkan dari pekerjaannya? Jawabannya tidak ada. “Gagasan untuk menjadikan semuanya gratis membuat saya terpesona. Ibu saya dibesarkan di Uni Soviet… Jadi saya sangat sadar apa artinya membuat pengetahuan gratis, membuat informasi gratis,” katanya.

Berasal dari buku, jurnal akademis, dan sumber lain, ia menghabiskan lebih dari tiga jam sehari untuk meneliti, mengedit, dan menulis.

Baca juga: CEO Paling Sukses Cenderung Memiliki Zodiak Ini

Bahkan pekerjaan sehari-harinya adalah peneliti, bekerja dalam catatan dan informasi di Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan A.S. Kui Kinyanjui dari Wikipedia mengatakan situs itu tidak akan sebesar sekarang tanpa dedikasi relawannya. Sekarang ini Wikipedia salah satu dari lima teratas yang paling banyak dikunjungi di dunia, di antara Google, YouTube dan Facebook.

“Orang-orang seperti Steven Pruitt sangat penting bagi platform seperti Wikipedia” kata Kui Kinyanjui, wakil presiden komunikasi WikiMedia.

Pruitt telah mendedikasikan waktu luangnya ke Wikipedia selama 13 tahun. Editor tempat kedua kira-kira telah memberi kontribusi sekitar 900.000 suntingan di belakangnya, jadi status tempat pertamanya tampaknya aman, untuk saat ini. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply