Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Salon Mulai Dibuka, Dokter Reisa Anjurkan Ini

Ilustrasi. (dok. Freepik)

Topcareer.id – Jika biasanya para wanita lebih suka menghabiskan waktu lama untuk mempercantik atau merilekskan diri dengan pergi ke salon, namun saat pandemi ini, mereka harus mengurungkan niatnya karena hampir semua salon tutup mengikuti aturan PSBB yang ditetapkan oleh pemerintah.

Seiring bekembangnya waktu, pemerintah memilih untuk hidup berdampingan dengan virus yang telah memakan ribuan korban ini dan mulai memperbolehkan beberapa sektor, termasuk salon maupun barber shop kembali membuka usahanya namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Nah, karena virus ini belum musnah, Tim Komunikasi Publik, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Dokter Reisa Broto Asmoro membagikan saran agar masyarakat tetap aman dan terhindar dari virus corona ketika hendak melakukan perawatan diri ke salon.

Baca juga: Tips Kemenkes RI untuk Kamu Saat Berangkat, Selama di Kantor, dan Pulang Kerja di Era New Normal

“Pelaku usaha wajib menyediakan sarana cuci tangan atau hand sanitizer di pintu masuk dan tempat lain yang mudah diakses oleh pelanggan, dan mewajibkan semua orang yang akan masuk harus mencuci tangan terlebih dahulu,” kata Dokter Reisa di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Sabtu (27/6/2020)

Selain itu, ia juga meminta agar pengelola salon melakukan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk. Apabila ditemukan pekerja atau pelanggan dengan suhu diatas 37,3 derajat Celcius, dan sudah diperiksa sebanyak 2 kali dengan jarak 5 menit serta memiliki gejala penyakit, maka orang tersebut tidak diperkenankan untuk masuk dan mendapat pelayanan.

“Sedangkan, pada saat melakukan pelayanan jasa, pekerja wajib menggunakan alat pelindung diri, berupa masker, pelindung wajah atau face shield, atau pelindung mata, dan juga celemek, selama mereka bekerja,” tegasnya.

Kemudian apabila terdapat alat yang harus dipakai secara berulang, maka harus disanitasi dengan dicuci menggunakan deterjen maupun disterilkan dengan desinfektan.

“Para pelaku usaha diharap juga selalu menjaga kualitas udara di tempat usaha dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk. Termasuk pembersihan filter AC dengan rutin,” pungkasnya.

Untuk pelanggan, Dokter Reisa mengimbau agar selalu memakai masker dan sebisa mungkin menggunakan metode pembayaran seccara non tunai atau cahless guna meminimalisir kontak fisik dengan orang lain. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply