Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Tanda Kamu sering Buang-buang Uang (Bagian 1)

Sumber foto: medium.com

Topcareer.id – Pernah enggak kepikiran, kenapa penghasilan yang kamu depat cepat sekali habis. Padahal, kalau kamu melihat keadaan rumah atau lemarimu, tak ada penambahan yang signifikan. Kamu pun sulit mengingat hal-hal apa saja yang menyebabkan uangmu cepat habis.

Nah, ngomong-ngomong soal ini, tanpa kamu sadari ada beberapa kebiasaan yang secara tak sadar terus menerus membuatmu membuang uang. Seperti dikutip dari Lifehack, Senin (29/6/2020), beberapa contoh ini mungkin jadi salah satunya.

Bagian pertama dari tulisan.

Ketagihan beli barang murah
Banyak dari kita yang berpikir kalau memilih opsi termurah dari suatu barang akan membuat kita lebih irit. Anggapan seperti ini tidak sepenuhnya benar karena pada akhirnya, kualitas akan berbicara.

Barang murah terkadang memiliki kualitas yang tidak baik. Mereka cenderung akan rusak dalam waktu cepat, sehingga belum sampai beberapa bulan, kamu sudah membuangnya. Kalau sudah begitu, pada akhirnya kamu akan beli lagi kan? Dan uang yang keluar pun malah jadi lebih banyak.

Diskon! Diskon! Diskon!
Hampir sama dengan di atas, beberapa dari kita juga banyak yang berpikir kalau barang diskon berarti hemat. Padahal, ini juga bisa berarti bahwa kamu sedang menambah beban biaya belanja kamu untuk sesuatu yang tidak kamu perlukan. Tanpa sadar, pengeluaran kamu pun jauh lebih besar dari biasanya.

Akun tabunganmu terlalu mudah diakses
Dengan kemajuan teknologi, kamu sekarang tidak perlu ke ATM untuk melakukan transaksi. Aplikasi m-banking, dan sebagainya, secara tidak sadar membuatmu jadi mudah untuk mengeluarkan uang ketika kamu tergiur sesuatu. Alhasil, tabungan pun jadi lebih cepat terkuras.

Tergesa-gesa dalam membeli sesuatu
Sebenarnya, ada trik yang cukup baik terkait hal ini. Kamu hanya perlu menunggu 30 hari, sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Kamu akan terkejut melihat bagaimana pemikiranmu tentang sebuah produk akan berubah dalam beberapa hari berikutnya. Bisa jadi, kamu tak akan tertarik lagi untuk membelinya, atau mungkin menemukan solusi yang lebih baik.

Namun, jika kamu mengalah pada ketidaksabaranmu saat tergiur sesuatu, jangan menyesal kalau nanti uangmu tiba-tiba cepat habis.

Lebih suka mencicil
Meski sebenarnya bisa langsung membayar lunas, terkadang ada beberapa orang yang memilih untuk mencicilnya. Meski terkesan lebih ringan, secara tak sadar kamu telah terjebak dalam bunga yang akan menggerogoti keuanganmu. Alhasil, jika kamu mencicil beberapa barang dalam satu waktu sekaligus, tidak mengherankan kalau kamu tak pernah punya tabungan yang bagus.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply