Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Mau Belanja ke Pasar? Alat Tempur Ini Wajib Kamu Siapkan

Sumber foto: London Business Matters

Topcareer.id – Bagi kamu yang harus pergi ke pasar untuk memenuhi keperluan sehari-hari, ada ‘alat tempur’ yang perlu kamu siapkan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Anggota Junior Doctor Network (JDN) dr. Sarah Shyma menjelaskan, alat tempur yang dimaksud mencakup perlindungan diri seperti masker, hingga strategi untuk meminimalisir waktu berbelanja kamu.

“Yang paling penting sebelum kita ke pasar adalah kita harus dalam kondisi yang sehat, wajib menggunakan masker dan punya catatan apa yang akan dibeli untuk mempersingkat waktu, serta mengurangi risiko infeksi karena kita tidak berlama-lama di pasar, jadi harus punya rencana sebelum ke pasar,” ucap dr. Sarah dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, di Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Baca juga: Produk Makanan Olahan Indonesia Berpeluang Besar di Pasar Global

Sarah menambahkan, hal terpenting yang tak boleh kamu lupakan adalah kesadaran untuk jaga jarak. Sebisa mungkin, hindari kerumunan, dan selalu bersihkan tangan usai berbelanja.

“Jika sudah selesai transaksi, jangan lupa untuk langsung menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan jika tempat cuci tangan sulit dijangkau,” jelasnya.

Alat tempur lain yang wajib kamu siapkan adalah tas belanja. Selain lebih aman, langkah ini juga akan membantu pengurangan pemakaian plastik yang dapat mencemari lingkungan.

“Siapkan tas belanja untuk membawa barang-barang yang akan dibeli, selain kita bisa memastikan kebersihannya, kita juga dapat mengurangi penggunaan plastik,” ucap Sarah.

Baca juga: PSBB Transisi, Pasar Tradisional Terapkan Ganjil Genap Nomor Kios

Terakhir, setelah berbelanja di pasar, bersihkan diri dan lakukan sanitasi terhadap barang dan bahan makanan yang kamu beli, sebelum memakai atau menyimpannya di lemari.

“Untuk pembersihan barang seperti perabotan rumah tangga, dapat disemprotkan desinfektan. Namun untuk bahan pangan seperti buah dan sayur, dapat dicuci dengan air mengalir. Dan jika dimasak, yang penting adalah higienitas dari kita memasak dan kematangannya bisa membunuh kuman,” jelasnya.

Nah, bagi yang mau ke pasar, sudah siap alat tempurnya?

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply