Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Barang-barang Ini Harganya Dinaikkan Selangit, Tapi Kamu Tetap Beli

Popcorn

Topcareer.id – Pernahkah kamu membayar sesuatu yang kamu rasa harganya masih wajar padahal sebenarnya sesuatu yang kamu bayarkan itu telah di-markup atau dinaikkan dengan luar biasa oleh produsen?

Banyak customer dengan ringan mengeluarkan uang untuk membayar suatu produk yang terlihat berharga murah. Padahal di balik itu semua sebetulnya harga asli produk tersebut sangatlah murah.

Seperti dikutip dari Rd.com, berikut ini ada beberapa produk dengan harga yang telah di-markup gila-gilaan oleh produsen ata penjualnya.

Pesan teks
Pengguna telepon biasanya membayar hanya beberapa rupiah untuk pesan teks, bagi customer itu harga yang sangat murah, padahal operator telepon telah menerapkan mark-up pesan teks tersebut sekitar 6.000%.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Popcorn Bioskop Lebih Enak daripada Buatan Sendiri

Popcorn bioskop
Bioskop tahu bahwa penonton akan rela membayar lebih tanpa paksaan untuk camilan nonton film, sehingga mereka menaikkan harga: Satu box popcorn yang dijual oleh bioskop rata-rata mengambil keuntungan sekitar 1.275%

Obat-obatan bermerek
Kamu mungkin merasa lebih nyaman membeli obat-obatan bermerek, tetapi tahukah harga dasar dari obat bermerek non generik yang kamu sudah bayar? Rata-rata harganya sudah di markup hingga 3.000%. Padahal dibandingkan dengan obat generik yang lebih murah sebetulnya sama efektifnya.

Kopi take away
Secangkir kopi yang dipesan untuk take away (bawa pulang) oleh pelanggan harganya telah di-markup sekitar 300%. Tidak heran kedai kopi terutama kopi ternama meraup untung besar dan para baristanya banyak yang berpenghasilan bagus.

Baca juga: Tamagotchi, Hewan Peliharaan Virtual dari Era `90 an Siap Hadir Lagi

Kartu ucapan
Ketika kamu membeli kartu ucapan, kemungkinan kamu membayar setidaknya sekitar 200% dari biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membuat kartu ucapan.

Air minum dalam kemasan
Sebotol air mineral kemasan dengan harga yang mungkin kamu anggap murah, kira-kira oleh perusahaan telah di-markup hingga 4.000% saat dijual di pasaran.

Wine di restoran
Restoran mewah secara rutin menyediakan minuman beralkohol yang berkelas seperti wine. Disajikan dalam gelas khusus dan bisa habis hanya dalam sekali tegukan. Harga yang kamu bayar sudah hasil markup sekitar 300%.

Minibar hotel
Kenyamanan dari mini bar di hotel tentu dikenakan biaya. Permen atau coklat bar sederhana, sekantong keripik, atau sekaleng soda dapat berharga hingga 400% lebih mahal daripada harga di pasaran. Sebaiknya saat hendak menginap di hotel kamu membawa cemilan sendiri yang dibeli dari luar hotel.

Buah potong
Mengonsumsi buah-buahan potong yang dijual bisa menghemat waktu kamu, tetapi jelas bukan menghemat uangmu. Toko kelontong atau toko buah mengenakan biaya sekitar 40% untuk produk buah potongnya daripada buah yang masih utuh. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply