Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengapa Hidung Bisa Ingusan? Ini Penjelasannya

Ilustrasi. (dok. Medical News Today)

Mengapa hidung mengalirkan ingus ketika kedinginan?

Hidung kamu memanas dan melembabkan udara yang kamu hirup ke paru-paru. Proses ini menghancurkan bakteri dan iritasi, serta mengatur suhu udara untuk melindungi paru-paru kamu dari kerusakan akibat dingin.

Udara dingin menyimpan lebih sedikit kelembaban daripada udara hangat. Jadi ketika kamu menghirupnya, itu dapat dengan cepat mengeringkan saluran hidung dan membuatmu terpapar lebih banyak iritasi.

Ini merangsang jaringan hidung kamu untuk membuat lebih banyak lendir dan cairan agar hidung kamu tetap lembab dan melindungi saluran napas kamu. Kelebihan lendir dan cairan akan mengalir keluar sebagai ingus dari hidung.

Baca juga: Ini Lama Waktu Pilek pada Sebagian Besar Orang Dewasa

Mengapa hidung mengalami pilek?

Ketika virus flu memasuki tubuhmu, tubuh menghasilkan zat yang disebut histamin, senyawa yang menghasilkan peradangan pelindung yang juga menyebabkan lebih banyak produksi lendir di hidung kamu.

Mengapa hidung mengalirkan ingus ketika bangun di pagi hari?

Ketika alergen menumpuk di saluran hidung kamu semalaman, tubuh kamu harus bekerja lebih keras untuk membersihkannya ketika bangun. Ini menghasilkan tingkat produksi lendir yang tinggi, yang menumpuk di belakang saluran hidungmu saat kamu berbaring, dan terkuras saat kamu duduk atau berdiri. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply