Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kandidat Pekerja Cerdas Selalu Lakukan 5 Hal Ini Saat Interview

IlustrasiIlustrasi Interview

Topcareer.id – Menurut Steve Adcock seorang entrepreneur dan juga penulis, ia telah menyaksikan berbagai wawancara kerja, sayang sebagian besar tidak begitu baik. Banyak kandidat pekerja yang masih gagal mempersiapkan, mengajukan pertanyaan, dan tak banyak ambil bagian selama wawancara.

Ia yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mempekerjakan staf teknis di perusahaan Amerika itu mengatakan bahwa kandidat pekerja yang cerdas selalu menonjol dari orang banyak.

“Di antara wawancara-wawancara yang berjalan baik dalam karier perekrutan saya, semua kandidat ini menunjukkan serangkaian sifat umum yang memberi mereka tawaran pekerjaan,” tulis Steve dalam laman The Ladders. Berikut lima hal teratas yang dilakukan kandidat cerdas selama wawancara kerja.

1. Selalu ajukan pertanyaan

Kandidat pekerja yang cerdas mengajukan pertanyaan yang bermakna. Pertanyaan yang bagus menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa pencari kerja menghabiskan waktu melakukan penelitian tentang perusahaan dan diinvestasikan dalam peluang kerja.

Baca Juga: Karena Pandemi, Pertanyaan Baru Ini Akan Sering Muncul Saat Interview

“Di akhir setiap wawancara kerja, saya secara rutin akan menanyakan kandidat jika mereka memiliki pertanyaan. Jawaban populer adalah, “Tidak, saya pikir Anda sudah menjawab semua pertanyaan saya.’” Itu jawaban yang salah. Calon yang cerdas mempersiapkan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa berhubungan dengan peluang kerja itu sendiri atau perusahaan secara keseluruhan.

2. Bicara tentang prestasi

Kandidat terbaik tidak hanya berbicara tentang apa yang mereka ketahui. Sebaliknya, mereka fokus pada prestasi mereka dan hal-hal yang telah mereka lakukan di masa lalu. Jelaskan pengalamanmu dengan software baru dan bagaimana mereka membantumu melakukan pekerjaan. Jika kamu mendapat prestasi besar dengan salah satu dari mereka, pastikan untuk menyebutkan hal-hal itu.

Daripada hanya mengatakan, “Saya tahu Teknologi X”, katakan, “Saya menggunakan Teknologi X untuk [menyebutkan prestasi atau prestasi]”.

3. Berpakaian dengan baik

“Bahkan di organisasi profesional, saya telah mewawancarai kandidat yang mengenakan celana jins untuk wawancara. Atau kaos. Saya ingat seorang kandidat yang baunya seolah-olah mereka menuangkan seluruh botol minyak wangi ke atas mereka. Itu luar biasa dan mengganggu,” kata Steve.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Mengirim Ucapan Terima Kasih Usai Interview

Berpakaian untuk mengesankan. Bagi seorang pria, ini biasanya berarti kemeja button-down yang bagus, dasi, celana panjang yang disetrika, dan rambut wajah yang terawat. Untuk wanita, gaun atau rok bagus dengan rambut yang “dikontrol” (ditarik ke belakang, dikuncir, lurus ke bawah, dll). Cologne atau parfum baik-baik saja, tapi jangan berlebihan.

4. Siap untuk menjawab pertanyaan apa pun dari resume mereka

“Saya secara rutin mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang kurang jelas termasuk dalam resume kandidat karena saya ingin mendengar lebih banyak tentang mereka, dan sejumlah besar kandidat tidak dapat membicarakannya. Atau, mereka mengklaim memiliki pengalaman dengan teknologi itu, tetapi jelas tidak. Mereka berbohong di resume mereka,” tutur Steve.

Bersiaplah untuk berbicara dengan cerdas tentang apa pun yang ada di resume-mu. Jika kamu tidak dapat menjawab pertanyaan tajam tentang itu, maka jangan memasukkannya.

5. Tanyakan tentang langkah selanjutnya

Sebelum meninggalkan wawancara, tanyakan tentang langkah selanjutnya. Tanyakan tentang jadwal perekrutan mereka. Cari tahu kapan mereka ingin mengisi posisi tersebut.

Mengajukan pertanyaan seperti ini tidak memaksa. Sebaliknya, ini menunjukkan manajer perekrutan bahwa kamu secara aktif terlibat dalam peluang ini dan ingin bergerak maju. Selalu cari tahu langkah selanjutnya sebelum berjalan keluar.**(RW)

Leave a Reply