Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Karena Pandemi, Pertanyaan Baru Ini akan Sering Muncul Saat Interview

Ilustrasi. (dok. Built in)

Topcareer.id – New normal atau normal baru telah menjadi istilah yang terlalu sering digunakan untuk membahas kehidupan selama dan setelah pandemi. New normal juga menghampiri dunia kerja, seperti interview virtual yang akan dihiasi oleh pertanyaan-pertanyaan baru.

Mempekerjakan karyawan tidak hanya berkaitan dengan rekam jejak historisnya, tetapi juga lewat menanyakan pertanyaan tentang perilaku, bagaimana kandidat menangani pandemi. Berikut beberapa pertanyaan baru yang akan muncul saat interview selama atau pasca pandemi Covid-19, dikutip dari The Ladders.

Seberapa nyaman dirimu dengan pekerjaan jarak jauh atau work from home (WFH)?

Menurut Praktisi Psikologi industri-organisasi dan ahli di tempat kerja, Amy Cooper Hakim, karena situasi kerja dari jarak jauh akan menjadi perhatian utama bagi semua pewawancara, pastikan untuk memiliki jawaban yang disiapkan.

“Pertimbangkan untuk menekankan tingkat fleksibilitasmu dengan jenis pengaturan kerja ini. Kuncinya adalah untuk menekankan kemampuan beradaptasi dan kesediaan untuk mengikuti arus sambil menyelesaikan tugas secara bertanggung jawab,” jelasnya.

Baca juga: Ini Aturan New Normal di Tempat Kerja dari Kemenkes RI

Bagaimana tetap termotivasi untuk bekerja secara mandiri?

Kamu harus bersiap untuk memberikan contoh nyata motivasi diri selama wawancara virtual, menurut Joy Altimare, Chief Brand dan Engagement di EHE Health. “Pengusaha ingin tahu bahwa kamu bukan pengambil pesanan, tetapi kamu dapat dengan cepat memahami budaya dan tujuan organisasi dan membuat dampak,” lanjutnya.

Bisakah kamu jelaskan pendekatan kerja-dari-rumah (WFH) menurut versimu?

Pakar karier untuk TopInterview, Amanda Augustine mengatakan secara hukum, pewawancara tidak dapat langsung bertanya tentang apakah rumahmu berubah menjadi kamar bayi selama beberapa bulan terakhir. Namun, kamu harus dapat menggambarkan pekerjaan-dari-rumah tanpa melewati batas etika.

“Aspek terpenting dari komunikasi dengan calon bos adalah kamu bisa dan mau bekerja dari rumah. Pastikan untuk menyoroti bahwa kamu memiliki ruang kerja khusus, koneksi internet yang andal dan cepat, dan model komputer yang relatif baru. Jika sebelumnya kamu bekerja dari jarak jauh, kamujuga harus membagikan informasi itu,” jelas Augustine.

Baca juga: (in-depth) Kala Vaksin Corona Tersedia, Apa Orang Kaya Bakal Dapat Lebih Dulu?

Bagaimana kamu menangani stres yang terkait dengan Covid-19?

“Di dunia sekarang ini, kebutuhan akan fleksibilitas ini sangat ditekankan. Mereka ingin melihat bahwa seorang calon karyawan akan menggunakan logika dan kebijaksanaan ketika menangani situasi yang penuh tekanan. Bagaimana kamu mengeluarkan emosi dari keadaan sulit sehingga kamu merespons dengan kepala yang dingin dan pendekatan langsung,” kata Cooper Hakim.

Bisakah kamu mentransfer pengetahuan teknologi ke dalam atribut untuk organisasi?

Jika kamu jago dalam teknologi, sekarang adalah waktu untuk memamerkan ini secara utama, menurut Altimare. “Sebagian besar pekerjaan yang telah kamu lakukan sejauh ini seharusnya memiliki beberapa komponen digital untuk itu. Bahkan perusahaan tertua telah mengalami transformasi digital,” lanjutnya.  

Bagaimana Anda menghabiskan waktu di masa karantina wilayah di rumah?

Ini mungkin lebih merupakan pertanyaan bagi seseorang yang saat ini menganggur. Waktu berbeda sekarang, dan tidak apa-apa jika menjawab ini dengan jujur, selama kamu mengilustrasikan beberapa cara bahwa kamu produktif selama lockdown.

“Mereka mungkin mencari untuk melihat bagaimana kamu telah menangani stres selama waktu yang tidak biasa ini, atau mencoba menilai apakah kamu mampu menjaga keterampilanmu tetap terasah,” Agustinus berbagi. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply