Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

3 Hal Penting untuk Diperhatikan Jika Ingin Bekerja di Luar Negeri

Ilustrasi

Topcareer.id – Banyak kaum milenial memiliki mimpi untuk bekerja di luar negeri. Selain karena memang merupakan impian tersendiri dari sebagian mereka, tawaran gaji yang besar juga jadi alasan kuat untuk mencoba bekerja di negeri lain.

Namun, perlu dipertimbangkan bahwa bekerja di luar negeri sebetulnya tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan dan dipikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri.

Dalam Webinar tentang Working Globally, Sabtu 27 Juni 2020 dari Geospatial Creative Institute Webinar Insight Talk. Salah satu narasumbernya M. Reza Fahru Hakim yang bekerja di Dubai menyampaikan pengalamannya tentang hal apa yang harus kamu perhatikan untuk bekerja di luar negeri.

Baca juga: Ingin Gaji Naik Pesat? Bekerja di Luar Negeri

Ada 3 poin utama yang disampaikan:

Kemampuan komunikasi
Bahasa merupakan salah satu kendala utama dalam bekerja di luar negeri. Pastikan kamu benar-benar menguasai bahasa Inggris.

“Pertama kali saya datang ke Dubai dan diterima di perusahaan tempat saya bekerja, saya sempat nge-blank karena kelelahan dan nervous, sehingga saat bertemu dengan atasan baru saya mengaku jetlag karena mendadak saya tidak tahu harus berkata apa walaupun dalam bahasa Inggris, dan sayapun disuruh untuk kembali pulang istirahat dan kembali lagi besok.” Kata Fahru.

Jadi penting untuk benar-benar menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, karena ketika kamu menguasai suatu bahasa, gangguan kecemasan atau kelelahan tidak akan menjadi kendala untuk kamu tetap lancar berkomunikasi.

Perfect grammar is a plus. Tidak masalah grammar kamu agak berantakan, asalkan kamu bisa berbahasa Inggris dengan jelas untuk disampaikan itu sudah cukup. Grammar hanya nilai tambah,” ujar Fahru menceritakan pengalamannya.

Baca juga: Suami Dapat Kerja di Luar Negeri, Haruskah Ikut?

Relasi
Pergi bekerja ke luar negeri, kamu akan sangat membutuhkan relasi. Karena di sana kamu pasti akan bertemu dengan banyak pekerja yang berasal dari berbagai negara dan budaya yang berbeda. Beradaptasilah sesegera mungkin dan secepatnya bangun relasi.

Akan lebih baik jika kamu bisa menjumpai relasi yang sesama orang Indonesia di sana. Ini sangat membantu. “Ketika pertama kali saya tinggal di Dubai untuk bekerja, perusahaan hanya memberi saya waktu selama dua minggu untuk mencari tempat tinggal dan bagaimana caranya perusahaan tidak mau tahu. Betapa bingungnya saya ketika itu jika tidak memiliki relasi di Dubai, beruntung saya memiliki kenalan orang Indonesia juga yang membantu saya untuk mendapatkan tempat tinggal dan memberi rekomendasi tempat makan yang taste nya masih masuk dengan lidah orang Indonesia,” urai Fahru.

Unggul dan kompetitif
Satu hal lagi yang harus kamu pikirkan untuk bekerja di luar negeri adalah meningkatkan kompetensi yang kamu miliki. Menjadi individu yang kompetitif akan berguna untuk memenuhi standar yang berlaku di luar negeri yang umumnya lebih tinggi dibanding perusahaan-perusahaan di Indonesia. Terus belajar dan asah kemampuanmu agar bisa lebih meningkatkan daya saing. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply