Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Ampuh Bersihkan dan Cegah Debu di Rumah (Bagian 1)

Sumber foto: tidyhome.nu

Topcareer.id – Salah satu musuh rumah bersih adalah debu. Rasanya, apa pun yang kamu lakukan, atau sesering apapun kamu membersihkan rumah, akan selalu ada lapisan debu yang menempel di setiap permukaan di rumah kamu.

Mayoritas debu rumah tangga berasal dari kotoran, serbuk sari, dan partikel luar ruangan lainnya. Jadi itu bisa dicegah, jika kamu cukup pintar tentang hal itu.

Mengutip apartmenttherapy.com, Rabu (17/6/2020), berikut adalah cara agar debu tidak mengambil alih ruang kamu, sehingga kamu bisa sesekali melewati tugas membersihkan debu untuk sementara waktu.

Bagian pertama dari artikel.

Tahan debu di luar
Karena sebagian besar debu berasal dari luar, pertahanan yang baik adalah sering menutup jendela dan pintu sebanyak mungkin. Berkomitmenlah pada kebijakan larangan memakai sepatu ke dalam rumah, dan gunakan keset berkualitas baik untuk dipasang pada pintu masuk utama rumah.

Rawat hewan peliharaan di ruangan bersih
Sikatlah bulu hewan peliharaan secara teratur. Teman berbulu kamu akan menghasilkan rontokan bulu dan debu yang menempel di tubuh mereka. Jika kamu merawatnya secara teratur di bagian luar rumah, atau di ruang khusus yang mudah dibersihkan seperti kamar mandi, kamu bisa mengurangi kotoran debu.

Kemaslah kertas dan kain
Serat yang terlepas dari kain dan kertas juga berkontribusi terhadap debu rumah tangga. Hindari meletakkan pakaian sembarangan di sudut ruangan, dan simpan kain atau linen yang tidak digunakan di dalam kotak penyimpanan. Daur ulang majalah, koran, dan kotak kardus secara teratur, atau lebih baik lagi, kumpulkan saja di luar.

Ganti seprei
Di antara serat-serat kain seprei kamu, dan partikel-partikel kulit dari tubuhmu, tempat tidur juga bisa menjadi mesin penghasil debu. Simpan seprai dan ganti seprai maksimal setiap minggu, dan bersihkan bantal kamu juga. Untuk selimut dan bed cover bisa sebulan dua kali, atau setidaknya sekali tiap bulan.

Gunakan vakum celaner dengan HEPA filter
Ketika kamu benar-benar perlu membersihkan debu, vakumlah menggunakan vakum cleaner dengan HEPA atau filter udara partikulat efisiensi tinggi, yang akan dengan aman menjebak debu dan alergen lain di dalam mesin, serta menjaga mereka agar tidak dilepaskan kembali ke udara.

Gunakan air purifier
Ada mesin yang dirancang untuk mengumpulkan dan menjebak debu, contohnya vakum cleaner dengan filter HEPA. Direkomendasikan alat pembersih udara atau air purifier. Alat ini mampu mengurangi polusi partikulat di udara dengan rata-rata 85 persen dalam pengujian mereka. Air purifier biasanya juga terdapat pada AC yang diproduksi di zaman sekarang.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply