Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Rutin Olahraga Bisa Bikin Jerawat, Hindari dengan 8 Hal Ini

Sumber foto: KERA News

Topcareer.id – Dalam banyak hal, olahraga bisa sangat baik untuk kulit. Ini dapat meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, membawa nutrisi dan oksigen, serta membuang limbah, yang dapat membantu penyembuhan.

Tapi, yang harus diwaspadai, berkeringat juga dapat menciptakan kondisi sempurna untuk bakteri.

Bakteri dari keringat itu jadi penyebab jerawat berkembang dengan baik, sehingga lebih sering jerawatan. Untuk mencegah jerawat pasca-olahraga, dokter kulit merekomendasikan delapan tips berikut, seperti dalam laman Healthline.

1. Jika memakai riasan, hapus sebelum latihan

Susan Massick, dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center, merekomendasikan membersihkan wajah sebelum berolahraga untuk menghilangkan makeup.

Selama berolahraga, ada peningkatan aliran darah ke kulit. Peningkatan aliran darah ini menyebabkan pori-pori terbuka. Riasan wajah dapat menyebabkan keringat dan bakteri terperangkap di pori-pori yang membesar. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

2. Jika rambutmu panjang, kuncir ke belakang

Massick berkata kamu harus menjaga rambut panjang agar dikuncir dan tarik ke belakang. Jangan sampai rambut-rambut itu mengenai wajah. Minyak alami dari rambut, serta produk perawatan rambut, dapat ditransfer ke kulitmu. Rambut juga bisa memerangkap kelembapan pada kulit. Ini dapat menyumbat pori-pori dan mendorong pertumbuhan jamur, yang berkontribusi untuk jerawat.

3. Bersihkan semua peralatan yang akan menyentuh wajah

“Bersihkan semua peralatan yang akan menyentuh wajah,” kata Massick. Ini termasuk headphone, jika kamu ingin menikmati mendengarkan musik atau podcast yang baik selama olahraga. Kamu juga harus membersihkan peralatan olahraga yang menyentuh wajah, seperti helm.

Leave a Reply