Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, August 9, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Di Tengah Pandemi, Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Menengah ke Atas

Topcareer.id – Bank Dunia resmi meningkat status Indonesia yang sebelumnya dari negara berpendapatan menengah ke bawah (lower middle income), menjadi berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income).

Kenaikan tersebut berdasarkan Gross National Income (GNI) per capita Indonesia yang pada tahun 2019 naik menjadi USD 4.050 dari posisi sebelumnya, USD 3.840.

Dengan peningkatan ini, Indonesia dianggap memenuhi syarat dalam menggunakan fasilitas dan produk Bank Dunia, termasuk loan pricing (harga pinjaman).

Peningkatan status ini akan lebih memperkuat kepercayaan serta persepsi investor, mitra dagang, mitra bilateral dan mitra pembangunan atas ketahanan ekonomi Indonesia.

Diharapkan, status ini dapat meningkatkan investasi, memperbaiki kinerja current account, mendorong daya saing ekonomi, dan memperkuat dukungan pembiayaan.

Seperti kita tahu, suatu negara dikategorikan Low Income apabila GNI per capitanya hanya USD 1.035.

Pada kategori Lower Middle Income, GNI per capitanya USD 1.036-USD 4,045, sementara Upper Middle Income, GNI per capitanya USD 4.046-USD 12.535, dan High Income jika GNI per capitanya mencapai angka >USD 12.535.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply