Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Aplikasi Inaexport, Solusi Kemendag untuk Mudahkan Eksportir

Topcareer.id – Guna meningkatkan kemudahan eksportir dalam mendapatkan informasi pasar tujuan ekspor, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, gencar mensosialisasikan aplikasi Inaexport.

“Aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan untuk mempertemukan eksportir produk lndonesia dengan pembeli di luar negeri, apalagi saat kondisi pandemi ini,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kasan dalam keterangan resminya, Kamis (2/7/2020).

Dalam kesempaatan yang sama, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Iriana Trimurty Ryacudu menjelaskan bahwa Inaexport akan menampilkan informasi yang dapat diakses untuk umum.

“Selain mendapat informasi secara umum, eksportir juga dapat melihat informasi lain yang lebih lengkap, seperti laporan hasil intelijen pasar, informasi kegiatan pameran, misi dagang, serta pelatihan ekspor,” ujarnya.

Baca juga:

Selain itu, eksportir yang terdaftar juga dapat mempromosikan perusahaannya, menampilkan profil produk yang diproduksi, mendapat peluang untuk memperoleh permintaan (inquiry) dari buyer dan perwakilan perdagangan di luar negeri, serta mendapat fasilitas berkomunikasi langsung (chatting) dengan buyer.

Sedangkan dari segi buyer, mereka dapat melihat profil perusahaan pemasok dan produknya, menyampaikan permintaan kepada satu atau beberapa pemasok, melakukan order produk, melakukan tawar menawar melalui komunikasi langsung dengan pemilik produk, dan informasi terkait lainnya.

“Nantinya juga ada perwakilan perdagangan yang bertugas untuk memverifikasi profil buyer yang berasal dari negara akreditasi, menyampaikan permintaan kepada satu atau beberapa pemasok dari Indonesia, serta menyampaikan informasi pasar, informasi pameran, dan informasi terkait lainnya di negara akreditasi,” pungkas Iriana.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply