Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, August 9, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Obat Ini Cocok Atasi Parkinson

Muhammad Ali. (foto Carlo Allegri/Getty Images via Time)

Topcareer.id – Ingat Parkinson, ingat mendiang Muhammad Ali. Petinju legendaris itu menderita parkinson yang membuat dia kesulitan berjalan dan mengontrol gerakan.

Parkinson muncul ketika saraf dopamin di otak mati. Penemuan terbaru membuktikan laju penyakit parkinson dapat dihambat, bahkan dihentikan, dengan Israpidine.

Israpidine ini adalah obat yang biasa dipakai untuk menangani penderita tekanan darah tinggi dan stroke. ”Ini memang masih terlalu dini untuk yakin bahwa obat ini cocok untuk mengatasi parkinson. Perlu uji lebih jauh sebelum mengambil kesimpulan,” kata Kieran Breen dari Parkinson Disease’s Society, yang dimuat di jurnal Nature.

Baca juga: Waspadai Gangguan Psikosomatik di Tengah Pandemi Covid-19

Ketua tim peneliti dari Northwestern University, Amerika Serikat, James Surmeier, berharap Israpidine dapat digunakan sebagai pelindung dopamin. ”Jadi, kalau sedari awal sudah mengkonsumsi obat ini, Parkinson tidak akan hinggap. Bahkan sekalipun termasuk orang yang berisiko tinggi,” katanya.

Sejauh ini, pengaruh positif Israpidine itu memang baru diujicobakan pada tikus, tapi hasilnya sangat positif. Tikus yang telah direkayasa genetis agar menderita parkinson tetap dalam kondisi sehat setelah diterapi dengan Israpidine. Sel-sel dopamin di otak tikus pulih kembali seperti kondisi sebelum direkayasa. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply