Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tulang Keropos? Banyak Makan Kedelai

Ilustrasi. (dok. Trubus)

Topcareer.id – Jangan remehkan kedelai, terutama pada perempuan yang akan memasuki masa menopause, fase yang mendongkrak risiko terkena osteoporosis alias keropos tulang.

Penelitian terbaru menunjukkan, berbagai produk makanan berbahan kedelai mampu bekerja lebih bagus dalam membentuk kepadatan mineral tulang dibanding pil plasebo. Manfaat itu dipetik tubuh karena kedelai mengandung banyak phytoestrogen (zat mirip estrogen) alamiah, yakni genistein.

Ini merupakan hasil penelitian Dr. Francesco Squadrito dan tim dari Azienda Ospedaliera Universitari Policlinico, Messina, Italia. Uji coba ini melibatkan 389 wanita Italia pascamenopause berusia 49-67 tahun.

Tiap hari selama dua tahun, sebagian dari mereka diberi 54 miligram genistein, dan sebagian lagi diberi pil plasebo. Baik genistein maupun pil mengandung kalsium dan vitamin D adalah zat yang bermanfaat untuk membangun tulang.

Baca juga: Diet Ini Mampu Turunkan Berat Badan Hingga 7 Kg, Mau Coba?

Khasiat genistein terbukti lebih yahud dibanding pil. Bahkan, seperti dipublikasikan dalam jurnal The Annals of Internal Medicine edisi 19 Juni, sejak tahun pertama, responden yang menerima genistein sudah menunjukkan kepadatan mineral tulang yang makin baik. Sedangkan responden dengan pil plasebo kondisi tulangnya terus menurun.

Jadi, jangan remehkan tempe dan tahu, ya.*

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply