Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hati-hati, Memberi Antibiotik pada Anak Undang Asma

Ilustrasi. (dok. Cape Cod Healthcare)

Topcareer.id – Hati-hati memberikan antibiotik pada anak-anak. Penelitian University of Manitoba, Kanada, membuktikan, pemberian antibiotik pada anak-anak berusia di bawah satu tahun justru mendongkrak risiko si kecil terkena asma.

Risiko ini semakin tinggi bagi anak kecil yang mengkonsumsi berbagai jenis antibiotik dan antibiotik jenis spektrum luas. Jenis antibiotik spektrum luas ini akan membunuh hampir semua jenis bakteri, baik bakteri jahat maupun yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Waspada, Kegemukan Mengundang Asma

”Mungkin meningkatnya risiko asma disebabkan antibiotik membunuh bakteri-bakteri yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan sistem kekebalan,” kata Anita Kozyrskyj, ketua tim peneliti.

Kesimpulan ini didapatkan setelah Kozyrskyj dan timnya memantau 14 ribu bayi yang lahir sejak 1995 hingga 2003 sampai anak-anak itu berumur tujuh tahun. Penelitian mereka dipublikasikan di jurnal Chest.

Masalahnya, kebanyakan antibiotik diberikan oleh dokter saat mengobati pasien anak-anak yang jatuh sakit. Bukan oleh orangtua si anak. Itu sebabnya, Anita menyarankan agar dokter tidak buru-buru memberikan antibiotik. Kalaupun terpaksa harus memberikan antibiotik, berikan dulu jenis spektrum sempit, baru kemudian spektrum luas. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply