Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mana Lebih Baik, Menulis Tangan atau Mengetik di Komputer?

Ilustrasi Copywriter. (dok. careerprofiles)

Topcareer.id – Seperti yang mungkin kamu perhatikan, semakin banyak orang yang sudah mulai meninggalkan kegiatan menulis menggunakan tangan, kebanyakan mengetik menggunakan komputer, laptop atau smartphone.

Jika pun masih ada, bisa dikatakan jarang orang yang masih gemar menulis menggunakan pulpen. Selain karena dianggap lebih lambat, mengetik di gawai juga juga bisa dilakukan lebih cepat.

Pilihan antara menulis surat dan mengetik surat dipengaruhi oleh alasan untuk menulis, hal ini masih jadi perdebatan hingga sekarang. Mana yang lebih baik? Menulis menggunakan tangan dan pena atau mengetik menggunakan laptop atau smartphone?

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mengenai kelebihan dari tulisan tangan, kali ini kami akan bagikan tentang kelebihan dari menulis dengan mengetik menggunakan gadget atau komputer.

Baca juga: Menulis dengan Tangan Terkesan Kuno, Tapi Coba Lihat Manfaatnya

Jika kamu ingin dianggap serius di zaman modern sekarang ini, kamu tentu akan memilih untuk mengetik daripada menulis ketika mengirim surat penting seperti surat bisnis atau lamaran kerja.

Satu-satunya bagian dari surat bisnis yang harus kamu tulis dengan tangan menggunakan pena adalah tanda tangan. Seperti dikutip dari Wordcounter.net, berikut beberapa alasan untuk memilih mengetik daripada menulis tangan surat bisnis.

  • Tulisan tangan kamu mungkin tidak mudah dibaca
  • Kamu tidak dapat dengan mudah melakukan perubahan pada surat bisnis yang ditulis tangan, jadi meskipun kamu menulisnya beberapa kali, kamu mungkin tidak dapat mengekspresikan diri juga saat menulis dengan tangan.
  • Surat yang diketik terlihat lebih rapi dan lebih profesional, tidak peduli seberapa rapi tulisan tangan kamu.
  • Jika kemampuan keyboard kamu maksimal, mengetik jauh lebih cepat daripada menulis tangan.
  • Tools pemeriksa ejaan otomatis pada komputer dapat menyelamatkanmu dari kesalahan menulis.

Baca juga: Ternyata, Menulis Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dalam dunia bisnis, surat tulisan tangan sangat jarang, tetapi ada satu tempat selain tanda tangan di mana tulisan tangan lebih terasa berharga dalam dunia bisnis. Tempat itu adalah pada selembar surat cinta atau kartu ucapan yang berisi pujian atau ungkapan terima kasih kepada pasangan atau kolega dan rekan bisnis, menulis dengan tangan akan terasa lebih menghargai dan pribadi.

Keuntungan tambahan dari surat yang diketik
Satu hal yang harus kamu ingat tentang surat tulisan tangan adalah kamu akan mendapatkan lebih sedikit teks pada setiap halaman. Jika memiliki banyak hal untuk dikatakan dalam surat kamu, mengetik merupakan solusi yang lebih baik.

Jika kamu berencana menulis surat kepada beberapa orang, kamu dapat melakukan sedikit trik. Sesuaikan saja paragraf pengantar dan penutup dengan pesan pribadi untuk setiap penerima sementara isi teks tubuh tetap sama, atau hampir sama, untuk semua surat yang akan kamu kirim.

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, jika surat kamu hilang saat dikirimkan oleh pos, kamu akan memiliki salinan yang tersimpan di komputer dan tidak perlu menulis ulang surat dari awal. *

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply