Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Mau Ke Taman Nasional Komodo Registrasi Online Dulu

Pulau Komodo. Sumber foto: WikimediaPulau Komodo. Sumber foto: Wikimedia

Topcareer.id – Kamu memiliki rencana liburan ke Taman Nasional (TN) Komodo setelah pandemi ini? Eits, kini kamu tidak bisa asal berangkat, lho.

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) kini telah memberlakukan sistem registrasi online dan membership di Taman Nasional Komodo dan destinasi di sekitarnya. Sistem ini berlaku mulai 6 Juli 2020.

“Penerapannya belum dilakukan. Sedang tahap penggodokan. Namun kira-kira bentuknya akan ada pembagian ruang. Mana untuk publik, mana untuk umum, dan mana yang memiliki keanggotaan atau member,” kata Direktur Utama BOPLBF, Shana Fatina dalam pernyataannya di Labuan Bajo, Rabu (1/7/2020).

Menurut Shana, Pulau Komodo nantinya hanya bisa dikunjungi masyarakat yang telah menjadi member, sementara Pulau Rinca menjadi lokasi yang bisa dikunjungi secara umum.

“Konteks keanggotaan ini untuk meningkatkan kualitas layanan pariwisata, program penelitian konservasi, dan pemberdayaan masyarakat di TN Komodo. Termasuk untuk meningkatkan pendapatan daerah sehingga mendorong tumbuhnya ekonomi lokal,” jelasnya.

Baca juga: Bali dan Pulau Komodo Tak Direkomendasikan untuk Dikunjungi? Kenapa Ya?

Saat registrasi melalui https://booking.labuanbajoflores.id, kamu akan diminta untuk mengisi data kunjungan selama di Labuan Bajo, mulai data kunjungan ke Kawasan TN Komodo, Wisata darat (non-TN Komodo), dan Wisata Laut (non-TN Komodo).

Bagi kamu yang akan berkunjung melihat habitat satwa purba Komodo (Varanus komodoensis) di Kawasan TN Komodo, akamu akan diminta untuk memilih lokasi dan mengisi jam kunjungan, khususnya untuk di lokasi Loh Liang, Loh Buaya, dan Pulau Padar.

Hal yang sama juga diberlakukan untuk Wisata darat (non-TN Komodo) dan Wisata Laut (non-TN Komodo).

Setelah selesai, email hasil validasi akan dikirimkan melalui email yang digunakan saat pemesanan online. Seluruh dokumen kelengkapan perjalanan termasuk bukti pemesanan online harus dicetak serta dibawa untuk divalidasi kembali saat tiba di Bandara Komodo.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply