Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Gunakan 5 Kata Ini dalam Meeting Virtual Bikin Kamu Powerfull

Ilustrasi. (dok. Depositphotos)

Topcareer.id – Sebagian besar pekerja mungkin membenci duduk atau hadir dalam meeting, menganggapnya membuang waktu. Tapi, mungkin hal itu terjadi karena bertemu pimpinan dengan menggunakan kata-kata yang salah.

MIT menemukan bahwa kata-kata seperti “yeah,” “memberi,” “mulai,” “meeting” dan “diskusi” memiliki dampak yang lebih besar daripada yang lainnya, menurut Business News Daily.

Kelima kata itu dikaitkan dengan pertemuan bisnis yang lebih sukses daripada kata-kata lain. Mereka lebih sering mengarah pada “persuasif yang tinggi” dan “respons yang diinginkan”.

Rapat virtual tidak berbeda. Bahkan, bisa dibilang lebih penting untuk menggunakan kata-kata yang didorong oleh kesuksesan dalam pertemuan virtual karena rentang perhatian peserta dapat dikompromikan oleh gangguan di rumah, di kedai kopi, atau dari mana pun peserta berada.

Baca juga: Rahasia Meeting Sukses dengan Aplikasi Zoom

Kata-kata yang kuat dalam rapat adalah kata-kata yang menyarankan kemajuan, kesimpulan, atau inklusivitas. Misalnya, “mulai” dan “diskusikan” menyiratkan tindakan dan keputusan yang akan segera terjadi.

“Untuk menggunakan kata-kata ini secara efektif, kamu perlu tahu bagaimana dan kapan harus memercikkannya ke dalam percakapan. Studi ini menguraikan dampak dari setiap kata selama berbagai bagian pertemuan,” tulis laporan itu.

1. “Yeah”

Kata “yeah” menunjukkan persetujuan atau penerimaan dan membantu mengatur pertemuan untuk diskusi yang produktif, terutama di antara peserta yang mungkin mencari pertengkaran atau mengharapkan ketidaksepakatan dalam pertemuan.

Selain itu, menggunakan “yeah” sebagai cara mengubah subjek membantu untuk mengakui perubahan dengan cara yang positif dan membantu untuk menarik jalan yang jelas menuju topik baru.

2. “memberi”

Kata ini memiliki cara memusatkan perhatian pada orang yang berbicara. Pembicara yang berpengalaman menggunakan kata kekuatan ini di awal pidato atau laporan mereka sebagai cara untuk memacu semangat.

Baca juga: 5 Item Pakaian yang Perlu Dihindari Saat Meeting Video Lewat Zoom

3. “mulai”

Demikian pula, “mulai” menarik perhatian. “Ini membuat semua orang tahu waktu untuk menunggu dan mengobrol sudah berakhir dan menunjukkan bahwa mereka harus mulai mendengarkan secara aktif, karena bisnis saat ini akan dilanjutkan,” kata laporan itu.

4. “meeting”

Secara cerdik, menggunakan kata “meeting” menyiratkan bahwa percakapan itu kuat, penting, dan bermanfaat, yang juga dapat menyiratkan kepada peserta bahwa mereka juga punya andil yang kuat, penting, dan berguna.

Selain itu, jika rapat virtual menjadi di luar topik, menggunakan istilah “meeting” juga dapat membantu mengarahkan percakapan kembali ke tujuan awal rapat. Misalnya, “Meeting ini sedikit keluar jalur”, atau “Mari kita fokus kembali pada meeting ini”.

5. “diskusikan”

Terakhir, “diskusikan” adalah kata yang menenangkan yang membuat peserta tahu bahwa pendapat yang berbeda disambut dan didorong selama pertemuan. “Menyebut komunikasi apa pun dalam rapat, sebuah ‘diskusi’ menciptakan persahabatan yang membuatnya lebih mungkin bahwa setiap orang akan merasa disambut untuk menambahkan pandangan mereka sendiri.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply