Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Jenis Minuman yang Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Pola makan dan hidup sehat sangat membantu mempromosikan penurunan berat badan. Di samping itu juga, ada jenis minuman tertentu yang efektif tuunkan berat badan.

Seperti teh hijau dan minuman berprotein tinggi terbukti meningkatkan metabolisme, rasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar, yang semuanya dapat mendorong penurunan berat badan.

Berikut beberapa minuman yang perlu dimasukkan dalam menu diet karena membantu menurunkan berat badan, seperti dalam laman Healthline.

Baca juga: Minuman yang Sebaiknya Kamu Konsumsi dan Hindari Sebelum Tidur

1. Teh Hijau

Sebuah tinjauan terhadap 14 studi menemukan bahwa orang yang minum teh hijau konsentrasi tinggi selama 12 minggu kehilangan rata-rata 0,44 hingga 7,7 pound (0,2 hingga 3,5 kg) lebih banyak daripada mereka yang tidak minum teh hijau.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 3 gram matcha per hari mengalami pembakaran lemak yang lebih besar selama berolahraga dibandingkan dengan wanita yang tidak minum matcha.

2. Kopi

Kopi dapat mengurangi asupan energi dan meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu menurunkan berat badan.  Satu penelitian pada 33 orang dewasa yang kelebihan berat badan menemukan bahwa mereka yang minum kopi dengan 6 mg kafein per kilogram berat badan, mengkonsumsi kalori keseluruhan secara signifikan lebih sedikit daripada mereka yang minum lebih sedikit kafein atau sama sekali tidak minum kafein.

Baca juga: Efek Buruk Minuman Beralkohol Lebih Merusak pada Wanita

3. Teh hitam

Teh hitam adalah jenis teh yang telah mengalami lebih banyak oksidasi (paparan udara) daripada jenis teh lainnya, menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap. Teh hitam kaya akan polifenol, termasuk sekelompok senyawa polifenol yang disebut flavonoid. Polifenol adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi berat badan.

4. Air putih

Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membuatmu sukses ketika mencoba mengurangi kalori dan menurunkan berat badan. Sebuah studi pada 48 orang dewasa yang kelebihan berat badan menemukan bahwa mereka yang minum 500 ml (17 ons) air sebelum makan sambil mengikuti diet rendah kalori kehilangan 44% lebih berat selama 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak minum air sebelum makan.

Baca juga: Jangan Olahraga Sambil Konsumsi Minuman Berenergi

5. Minuman protein tinggi

Minuman yang mengandung protein tinggi dapat mengurangi rasa lapar, mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, penting saat ingin menurunkan berat badan. Protein meningkatkan kadar hormon penurun rasa lapar seperti GLP-1 menurunkan ghrelin, hormon yang mendorong nafsu makan.

Bubuk whey, kacang polong, dan protein rami hanyalah beberapa varietas yang dapat menjadi penambah protein memuaskan pada shake dan smoothie.

6. Minuman sari cuka apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat, senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan dengan menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan dan membakar lemak.

Cuka sari apel memperlambat pengosongan lambung, yang membantu menjagamu lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan dapat mengurangi makan berlebihan. Namun, perlu dicatat bahwa minum minuman asam seperti cuka sari apel dapat mengikis gigi, oleh karena itu harus dikonsumsi secara hemat dan selalu diikuti dengan pembilasan dengan air. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply