Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Alasan untuk Tak Menggunakan Kantong Plastik

Sumber foto: esgclarity.com

Topcareer.id – Sejak memasuki bulan Juli, ketika kamu berbelanja, maka kamu akan kesulitan mendapatkan kantong plastik untuk membawa belanjaan. Yam sejak Juli ini, penggunaan kantong plastik mulai dilarang oleh pemerintah.

Kantong plastik sejak lamam memang sudah menjadi masalah besar. Sekitar 80 juta kantong plastik mengotori lingkungan setiap tahun.

Rata-rata kantong plastik membutuhkan waktu 1.000 tahun untuk bisa terurai, artinya ini adalah masalah yang tidak akan hilang dalam waktu dekat. Oleh karena itu, orang-orang di seluruh dunia didorong untuk mengadopsi metode baru dalam membawa produk atau belanjaannya.

Nah, selain mencemari lingkungan, apa sih sebenarnya yang membuatnya begitu berbahaya?

Plastik menciptakan sampah
Di Australia, Otoritas Perlindungan Lingkungan Northern Territory menyatakan bahwa pengumpulan sampah yang kantong plastiknya merupakan kontributor utama, menelan biaya hingga USD 200 juta bagi pemerintah Australia setiap tahun.

Ini baru hanya di Australia saja, bagaimana jika seluruh negara di dunia tetap banyak yang menggunakan kantong plastik?

Karena itu, jika penggunaan kantong plastik berkurang, Ini akan membebaskan lingkungan dari bahan beracun dan masalah terkait lainnya yang disebabkan oleh penggunaan plastik yang berlebihan, serta membuat planet Bumi menjadi tempat yang lebih cantik untuk hidup.

Plastik membahayakan hewan
Karena kantong plastik itu ringan dan mudah mengambang, ini berarti mereka dapat menempuh jarak yang jauh ketika terbawa oleh oleh angin. Seringkali, kantong plastik akan jatuh di sepanjang pantai dan daerah habitat hewan lainnya, yang kemudian termakan oleh hewan.

Setelah bangkai hewan membusuk akibat tersedak atau keracunan plastik, kantung plastik biasanya kembali terlepas dan mengulang kembali prosesnya.

Menghapus penggunaan kantong plastik dari masyarakat tidak hanya akan mengurangi limbah plastik secara signifikan, itu juga akan membantu melindungi satwa liar. Menurut Animals Australia, sebuah badan amal kesejahteraan hewan nasional, sekitar 100.000 hewan terbunuh oleh kantong plastik setiap tahunnya.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply