Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Hati-hati, Virus Corona Masih Bisa Menular Jika Cuma Pakai Face Shield

Ilustrasi. (dok. NY Times)

Topcareer.id – Selain masker, saat ini masyarakat mulai menggunakan topeng wajah transparan atau face shield. Bahkan menurut sebagian orang selain lebih nyaman, pemakaian face shield dianggap mampu menangkal penularan virus corona.

Namun juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto jistru mengatakan sebaliknya. Ia menegaskan bahwa penggunaan face shield tanpa masker tidak dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap cemaran virus SARS-CoV-2.

“Penggunaan face shield hanya sebatas mampu melindungi penggunanya dari droplets yang besar, akan tetapi tidak menjamin partikel micro droplet lantas tidak terhirup ke dalam mulut atau hidung,” ujarnya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Baca juga: Bersepeda Pakai Masker? Perhatikan Hal Ini

Padahal menurut Yuri menjelaskan jika micro droplet ini juga memiliki ukuran kecil dan bisa berada di udara untuk waktu yang relatif lama sehingga berpotensi terhirup secara tidak sengaja.

“Kita tidak boleh mengandalkan hanya menggunakan face shield saja. Gunakan masker. Ini yang penting, dan gunakan masker apapun,” tambahnya.

Kesimpulannya, Jubir penanganan covid-19 itu merekomendasikan agar masyarakat tetap menggunakan masker, meski telah memakai face shield. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply