Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Cara Cerdas Gunakan Media Sosial Agar Karier Berkembang

Media Sosial

Topcareer.id – Salah, jika kamu berpikir media sosial hanya untuk bersenang-senang dan membuang-buang waktu. Coba pikirkan lagi.

Dengan media sosial kamu bisa melakukan banyak hal selain dari sekadar bermain dan hiburan. Media sosial telah menjadi alat yang tak ternilai, terutama ketika mencari pekerjaan, serta meningkatkan keterampilan kerja.

Jumlah pengguna media sosial selama beberapa tahun terakhir meningkat drastis. Dengan sejumlah besar pengguna, media sosial tentu saja memberimu platform hebat untuk meningkatkan kesuksesan karier karena kamu dapat terhubung dengan banyak profesional.

Berikut ini 7 cara cerdas untuk memanfaatkan media sosial untuk membantu menumbuhkan karier kamu.

Baca juga: Tingkatkan Kariermu Lewat Media Sosial, Begini Caranya

1.Buat profil profesional
Jika kamu telah lama tidak memperbarui akun kamu, coba kunjungi kembali dan pastikan bahwa kamu tidak hanya memiliki profil media sosial yang terlihat profesional tetapi juga yang dioptimalkan. Strategi seperti itu memudahkan perekrut untuk menilai kamu dengan baik saat melamar pekerjaan apa pun.

2. Gunakan media sosial untuk menunjukkan keahlian
Gunakanlah tren internet dan media sosial untuk keuntungan kamu, coba tunjukkan keahlian dan bakat kamu di sosial media. Mungkin, ada perekrut di luar sana yang merasa membutuhkan keahhlian kamu.

3. Ambil bagian dalam platform pekerjaan online
Mengambil bagian dalam platform karier online adalah cara yang signifikan untuk membangun dan menumbuhkan karier kamu. Platform online kaya akan diskusi terkait karier, yang fokus pada topik yang sedang tren di dunia usaha. Dalam sebagian besar kasus, kamu mungkin menemukan komunitas yang akan berpengaruh dan berguna dalam membangun kariermu.

Baca juga: Yuk, Rombak Media Sosial untuk Personal Branding!

4. Berinteraksi dengan orang yang berpikiran sama
Media sosial penuh dengan orang-orang dengan beragam keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman di berbagai bidang. Interaksi dengan individu yang tepat dapat menjamin pertumbuhan pribadi dan karier kamu. Pastikan kamu membuat koneksi baru dalam bidang spesialisasimu dan pastikan kamu terlibat dalam diskusi yang bermanfaat.

5. Belajar melalui wawasan baru
Platform media sosial seperti Twitter dan Facebook berisi interaksi, aktivitas, dan tren baru mengenai dunia korporat. Gunakan wawasan seperti itu dan khususnya yang berfokus pada bidang spesialisasi kamu untuk mempelajari perspektif dan gagasan baru tentang pengembangan kariermu.

6. Buat kumpulan konten yang berfokus pada keterampilan dan keahlian kamu
Pengusaha memiliki banyak minat pada apa yang dapat kamu lakukan untuk organisasi mereka. Untuk memanfaatkan ini, kamu dapat membuat konten yang berfokus pada keahlian dan keterampilan. Gunakan platform media sosial yang berbeda seperti Twitter dan Pinterest untuk berbagi konten-konten tersebut.

7. Gunakan media sosial untuk menemukan perusahaan yang kamu inginkan
Kamu dapat menumbuhkan karier melalui hubungan dengan individu dan perusahaan yang tepat. Media sosial memiliki semua perusahaan yang mungkin kamu inginkan untuk bekerja di sana di masa depan. Buatlah koneksi bersama mereka. Strategi seperti itu membuat kamu terus menerima kabar terbaru tentang informasi penting perusahaan yang relevan seperti lowongan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply