Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sekilas Tentang Infuse Water yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Ilustrasi. (dok. Halodoc)

Topcareer.id – Aturan praktis yang baik untuk infuse water adalah selama 1-2 jam pada suhu kamar atau di dalam lemari es selama 3-4 jam untuk mencapai aroma yang kuat dan warna air.

Apakah kamu suka infuse water benar-benar terasa buah dan tajam? Kamu bisa infuse kan dalam semalam atau hingga 12 jam!

Jika kamu infuse kan selama 4 jam atau lebih, pastikan untuk membuang buah-buahan dan rempah-rempah dari air, kemudian simpan infuse water tadi dalam lemari es hingga 3 hari. Membuang buah yang diinfuskan dari air akan mencegah buah membusuk di dalam air dan berpotensi menciptakan rasa yang tidak diinginkan.

Baca juga: Bayi Lahir Kecil, Ibu Kurang Minum Susu Saat Hamil

Berapa lama infuse water bertahan? Minum air pada hari yang sama atau hari berikutnya adalah optimal, tetapi kamu juga dapat minum infuse water dari kulkas dalam waktu 3 hari sejak dibuat. Namun, sebaik-baiknya adalah kamu harus minum infus water yang tidak didinginkan pada hari yang sama saat dibuat.

Tidak seperti jus buah komersial yang kamu beli di toko, infuse water tidak dipasteurisasi atau diisi dengan bahan pengawet. Infuse water dimaksudkan untuk dikonsumsi segar, sama seperti buah yang kamu masukkan ke dalamnya.

Umumnya, buah seperti lemon akan bertahan lebih lama dalam infuse water daripada buah-buahan berdaging seperti melon atau semangka. Faktanya, lemon dan jeruk nipis adalah pengawet alami dan dapat membantu menjaga agar ifuse water tetap fresh dan terasa segar.

Namun berhati-hatilah dengan kulit jeruk, karena dapat membuat rasa pahit setelah beberapa jam. Salah satu trik favorit adalah memotong kulit jeruk sebelum dimasukkan ke dalam air.

Baca juga: 6 Jenis Minuman yang Bantu Turunkan Berat Badan

Berapa kali kamu dapat menggunakan kembali buah dalam infuse water? Bisa beberapa kali, setiap kali kamu ingin menggunakan kembali buah dalam infuse water, kamu akan kehilangan rasa. Trik besarnya adalah menambahkan lebih banyak air ke wadah ketika airnya tinggal setengah. Buah-buahan dengan rasa yang kuat, seperti lemon, nanas, dan jeruk nipis adalah yang terbaik untuk infuse water. Sedangkan buah beri, melon, dan buah berdaging tidak ideal karena cepat terurai.

Apakah perlu khawatir buahnya akan rusak? Tidak jika kamu menyimpan infuse water ke dalam kulkas. Suhu dingin membuat buah dan semua makanan tetap segar. Jangan lupa untuk menggunakan indera penglihatan, penciuman, dan perasa kamu. Jika infuse water sudah terlihat keruh atau berbau dan terasa aneh setelah beberapa hari, jangan meminumnya. Gampang kan?

Baca juga: Jenis Minuman Ini Bikin Tidur Nyenyak saat Musim Panas

Haruskah menggunakan air panas atau dingin? Beberapa orang mengatakan untuk menuangkan air mendidih untuk infuse water. Meskipun metode ini dapat menghasilkan hasil yang cepat, lebih baik menggunakan air dingin atau suhu kamar. Air panas bisa menghancurkan enzim dan vitamin yang rapuh dalam buah yang bermanfaat bagi kesehatan kamu. Dan air panas juga akan membuat buah terlihat buruk. Jadi, pastikan untuk menggunakan air suhu dingin atau ruangan!

Baca lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply