Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Akibat Pandemi, 9,7 Juta Anak Diperkirakan Putus Sekolah Permanen

Foto Ilustrasi (pixabay)

Topcareer.id – Save the Children (organisasi kemanusiaan untuk anak-anak) menyebut bahwa pandemi corona menyebabkan darurat pendidikan yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana 9,7 juta anak-anak terkena dampak penutupan sekolah dengan risiko tidak akan kembali belajar di kelas.

Badan amal Inggris itu mengutip data UNESCO yang menunjukkan bahwa pada bulan April, 1,6 miliar anak muda dikeluarkan dari sekolah dan universitas karena langkah-langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 – sekitar 90 persen dari seluruh populasi siswa di dunia.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia, seluruh generasi anak-anak di seluruh dunia mengalami gangguan pendidikan,” katanya dalam sebuah laporan baru, Save our Education, dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (13/7/2020).

Dikatakan bahwa runtuhnya ekonomi karena krisis ini dapat memaksa 90 hingga 117 juta anak-anak tambahan ke dalam kemiskinan, dengan efek langsung pada penerimaan sekolah.

Baca Juga: 4 Syarat Sekolah Bisa Lakukan Belajar Tatap Muka

Dengan banyaknya anak muda yang dituntut untuk bekerja atau anak perempuan yang dipaksa menikah dini untuk menghidupi keluarga mereka, ini dapat menyebabkan antara 7 dan 9,7 juta anak putus sekolah secara permanen.

Pada saat yang sama, badan amal itu memperingatkan krisis dapat menyebabkan kekurangan anggaran pendidikan sebesar USD 77 miliar di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah pada akhir tahun 2021.

“Sekitar 10 juta anak mungkin tidak pernah kembali ke sekolah, ini adalah darurat pendidikan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pemerintah harus segera berinvestasi dalam pendidikan,” kata kepala eksekutif Save the Children Inger Ashing.

Badan amal itu mendesak pemerintah dan dermawan untuk menginvestasikan lebih banyak dana di balik rencana pendidikan global untuk membantu anak-anak kembali ke sekolah ketika itu aman dan sampai saat itu mendukung pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga: Tjahjo: SKD Sekolah Kedinasan Tahun 2020 Tetap Berjalan

“Kami tahu anak-anak yang paling miskin, paling terpinggirkan yang sudah berada paling jauh di belakang telah menderita kerugian terbesar, tanpa akses ke pembelajaran jarak jauh, atau pendidikan apapun, selama setengah tahun akademik,” kata Ashing.

Save the Children juga mendesak kreditor komersial untuk menangguhkan pembayaran utang untuk negara-negara berpenghasilan rendah. “Jika kita membiarkan krisis pendidikan ini berlangsung, dampaknya pada masa depan anak-anak akan bertahan lama,” kata Ashing.

“Janji yang telah dibuat dunia untuk memastikan semua anak memiliki akses ke pendidikan berkualitas pada tahun 2030, akan mundur beberapa tahun,” katanya, mengutip tujuan PBB.

Laporan itu mencantumkan 12 negara di mana anak-anak paling berisiko tersingkir: Niger, Mali, Chad, Liberia, Afghanistan, Guinea, Mauritania, Yaman, Nigeria, Pakistan, Senegal, dan Pantai Gading. Sebelum krisis, diperkirakan 258 juta anak-anak dan remaja sudah kehilangan sekolah, kata badan amal itu.**(RW)

Leave a Reply