Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Aman Olahraga Sebelum Tidur

Yoga nidra. (dok. Yoga Journal)

Topcareer.id – Olahraga teratur memiliki banyak manfaat, termasuk tidur yang baik. Olahraga dapat meningkatkan relaksasi, mengurangi kecemasan, dan menormalkan jam internal. Penelitian telah menemukan bahwa olahraga dapat dilakukan menjelang waktu tidur, tanpa mengganggu tidur nyenyak.

Menurut Healthline, kuncinya adalah memperhatikan waktu yang tepat, dan fokus pada jenis olahraga yang tidak akan memengaruhi kemampuanmu untuk tertidur dan tertidur nyenyak.

Studi terbaru telah menentang gagasan bahwa berolahraga terlalu malam dapat mengganggu tidur. Dalam sebuah studi kecil pada tahun 2020, 12 pria sehat mengunjungi laboratorium pada tiga malam terpisah.

Mereka melakukan 30 menit latihan aerobik intensitas sedang, 30 menit latihan resistensi intensitas sedang, atau tidak berolahraga sama sekali. Setiap latihan berakhir 90 menit sebelum tidur.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Tidur yang Ternyata Buruk untuk Kesehatan

Ketika para peserta tidur di lab, para peneliti mengukur suhu tubuh inti dan kualitas tidur mereka. Para peneliti menentukan bahwa latihan malam intensitas sedang tidak memengaruhi tidur partisipan.

Studi 2020 lainnya memiliki hasil yang serupa. Enam belas pria dan wanita menyelesaikan latihan intensitas sedang pada waktu yang berbeda, termasuk 4 atau 2 jam sebelum tidur. Para peneliti menemukan bahwa berolahraga di malam hari tidak mengganggu kemampuan peserta untuk tidur.

Akhirnya, review 2019 menganalisis 23 studi tentang olahraga malam dan tidur. Ulasan tersebut menentukan bahwa latihan malam dapat meningkatkan tidur selama latihan dilakukan pada intensitas sedang – tidak kuat -, dan berakhir lebih dari 1 jam sebelum tidur.

“Kesimpulannya menurut penelitian baru, melakukan olahraga intensitas sedang dalam waktu 60 hingga 90 menit sebelum tidur tidak memengaruhimu untuk bisa tidur nyenyak,” tulis Healthline.

Baca Selanjutnya>>>>>>>>>>>>>>> Jenis olahraga yang baik dilakukan sebelum tidur

Leave a Reply