Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Dekat dengan Atasan di Kantor Tanpa Menjilat

Dok. AARP

Topcareer.id – Hubungan yang produktif dan saling menghormati antara atasan dan karyawan merupakan kunci keberhasilan perusahaan mana pun.

Prioritas utama atasan adalah memiliki karyawan pekerja keras yang memenuhi visinya untuk perusahaan, atasan juga ingin memiliki hubungan baik dengan orang-orang yang bekerja dengannya setiap hari.

Hubungan yang sehat dan saling menghormati antara manajer dan karyawan dapat meningkatkan moral dan produktivitas yang pada akhirnya, itu dapat membantu meningkatkan karier.

Jika kamu menginginkan hubungan yang dekat dan baik dengan atasan tanpa menjilat, berikut ini saran untuk membangun hubungan dengan atasan.

Baca juga: Enam Kalimat yang Bikin Bos Hilang Respek pada Karyawan

Ambil inisiatif untuk mengatur pertemuan bulanan
Penting bagi karyawan untuk rajin berinisiatif seperti mengatur pertemuan baik untuk meeting tim kerja maupun pribadi sepanjang bulan. Ini membantu atasan mengetahui apa yang sedang terjadi dalam bisnis, dan menunjukkan kepada atasan bahwa kamu peduli dengan pekerjaan mereka dan tetap mengingat tujuan dan harapan perusahaan. Atasan pasti sibuk, tetapi sebagai karyawan, kamu dapat dan harus mengambil inisiatif untuk bertemu dengan atasan setidaknya sebulan sekali.

Gunakan waktu itu sebagai kesempatan untuk membahas status proyek saat ini, presentasikan ide-ide kamu, dan untuk memeriksa serta memastikan kamu tetap berada di jalur yang benar dengan tujuan dan strategi atasan.

Tunjukkan inovasi dan inisiatif
Setiap CEO atau manajer menginginkan perusahaan yang penuh dengan karyawan yang termotivasi dan produktif. Menunjukkan diri bahwa kamu bersemangat untuk mengerjakan proyek baru akan membantumu dan atasan kamu menjadi lebih sukses.

Baca juga: 6 Kesalahan Teknologi Sepele yang Bikin Bos Kesal Padamu

Jangan pernah takut untuk sukarela mengambil inisiatif tentang sesuatu. Menjadi inovatif dan mengambil inisiatif menunjukkan kepada manajer bahwa kamu berinvestasi dalam tumbuh bersama perusahaan, dan itu pasti akan mengarah pada hubungan yang lebih baik antara kamu dan atasanmu.

Berusaha untuk komunikasi yang terbuka
Berapa kali kamu memberi tahu atasan bahwa salah satu idenya tidak begitu hebat? Ini adalah percakapan yang menakutkan bagi karyawan mana pun, tetapi ini justru penting. Sampaikanlah pendapatmu dengan sopan. Kuncinya adalah mengingat bahwa kamu dipekerjakan karena memiliki serangkaian keterampilan khusus yang dihargai oleh perusahaan. Merasa nyaman untuk tidak setuju dengan atasan dan memiliki jalur komunikasi terbuka akan membangun hubungan yang kuat.

Ingat atasan kamu juga manusia
Kebanyakan pemimpin terlihat dengan wajah profesional yang dipersenjatai dengan daftar tugas yang harus dilakukan. Mereka menghabiskan hari-hari mereka dengan fokus untuk membawa perusahaan lebih dekat ke tujuannya. Walau begitu, mereka juga hanya manusia biasa yang suka diperhatikan.

Kamu sebagai karyawan bisa mencoba meluangkan waktu sejenak untuk mengajukan pertanyaan ringan seperti, “Apa kabar?” atau “Apakah Anda melakukan sesuatu yang menyenangkan akhir pekan kemarin?” Ini bukan tentang menjadi teman terbaik, tapi ini tentang berkomunikasi pada tingkat yang lebih pribadi untuk lebih mempererat hubungan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply