Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Olahraga Satu Ini di Kantor Drastis Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi. (dok. Trend Hunter)

Topcareer.id – Sebagian besar orang dewasa menyadari manfaat kesehatan dari berolahraga secara teratur dan, di sisi lain risiko kesehatan dari gaya hidup yang tidak banyak bergerak saat ngantor. Ada sejumlah besar penelitian tentang bagaimana olahraga meningkatkan kesehatan jantung.

Sayangnya, itu tidak mengubah fakta bahwa kadang-kadang kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan, pengasuhan anak, sekolah, atau apa pun agenda yang harus kamu penuhi, olahraga pun jadi hal yang sulit untuk dijadwalkan. Tenang, mungkin studi ini menunjukkan solusi yang tepat.

Dalam sebuah studi baru, tim peneliti di University of Stirling, menemukan bahwa pengusaha dapat membantu secara drastis mengurangi risiko penyakit jantung karyawan dengan menyediakan sepeda statis untuk berolahraga di kantor.

Baca juga: Ingin Produktif Saat WFH, Olahraga Dahulu

Manfaat kesehatan bersepeda di kantor

Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat BMC, menemukan bahwa pengusaha dapat membantu staf mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 15% dengan bantuan sepeda olahraga di kantor.

Para peneliti menemukan bahwa karyawan kantor yang bersepeda hanya 18 menit per minggu dapat memiliki manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kebugaran secara keseluruhan dan pengurangan risiko diabetes tipe 2.

Orang yang tidak mendapatkan cukup olahraga beresiko tinggi terkena penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Salah satu alasan orang tidak menerima cukup olahraga adalah kurangnya waktu karena menghabiskan sepanjang hari duduk di meja kerja dan banyak orang memiliki perjalanan ke kantor yang lama.

Sebagai bagian dari upaya untuk menemukan rutinitas latihan alternatif yang membantu orang menuai manfaat dalam waktu yang lebih singkat, tim peneliti memperkenalkan sepeda olahraga ke dalam sistem kantor. Relawan di kantor-kantor ini diminta bersepeda selama delapan menit dan 40 detik dua kali per minggu.

Baca juga: PSBB Sudah Dilonggarkan, Ini Tips Olahraga di Luar Rumah

“Efektivitas pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) sebagai strategi latihan hemat waktu untuk memodifikasi faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular secara bermanfaat telah berulang kali ditunjukkan dalam pengaturan laboratorium terkontrol,” tulis para penulis yang dikutip dari The Ladders.

Para penulis menggunakan versi latihan HIIT untuk penelitian ini. Latihan HIIT sangat intens, dan dengan demikian mungkin akan membuatmu berkeringat, membuatnya tidak ideal untuk latihan di kantor.

Sebagai gantinya, para peneliti menggunakan suatu bentuk pelatihan yang disebut pelatihan interval intensitas tinggi yang mengurangi pengerahan tenaga (REHIIT).

REHIIT ideal untuk pengaturan pekerja kantor karena peserta dapat mengenakan pakaian kerja normal dan melibatkan respons keringat rendah, yang ideal untuk berolahraga selama hari kerja dan menghilangkan kebutuhan untuk mandi pasca-latihan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply