Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Sirkuit Mandalika Ditargetkan Selesai Pertengahan 2021

Topcareer.id – Guna menyambut penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang direncanakan berlangsung pada akhir tahun 2021, pembangunan Mandalika Street Circuit (Sirkuit Mandalika) terus dilakukan.

Guna mempercepat penyelesaian pembangunan, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pembangunan Sirkuit Mandalika dengan PT PP (Persero) Tbk senilai Rp 900 miliar.

ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota HIMBARA, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan Sirkuit.

Penandatanganan PKS yang akan berlaku mulai tanggal 15 Juli 2020 ini dilakukan oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, dengan disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, di Gedung Mandiri Club, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: Mengintip Skenario New Normal ITDC

“Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia, sehingga kami akan memastikan pembangunan sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standar internasional,” ucap Kartika.

“Kerjasama antara ITDC, PP dan Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah event MotoGP 2021. Sirkuit Mandalika memiliki keunikan karena akan menyusuri pinggir pantai yang indah, sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk mendorong industri pariwisata Indonesia.”

Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 km, yang dibangun di lahan seluas 52,5 hektar ini merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan balap motor MotoGP. Sirkuit ini menawarkan pemandangan indah dari bukit-bukit dan pantai di selatan Pulau Lombok.

“Dengan menggandeng PT PP yang merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi dengan keahlian dan pengalaman dalam bidang konstruksi, properti, Engineering Procurement Construction (EPC), dan investasi ini, kami yakin akan menghasilkan sebuah sirkuit jalan raya berkualitas Internasional dan sesuai standar yang ditentukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), serta dapat selesai sesuai jadwal,” ujar Abdulbar M. Mansoer.

Baca juga: Mengintip Skenario New Normal ITDC

Saat ini, proyek pembangunan sirkuit Mandalika telah mencapai 40%, dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2021.

Abdulbar menambahkan, penyelengaraan event MotoGP diyakini mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun.

Ini juga akan memberikan positioning yang kuat bagi Indonesia, sebagai negara tujuan hiburan olahraga unggulan di kawasan Asia.

“Kami optimistis event ini akan menjadi penggerak kebangkitan pariwisata Indonesia paska pandemi.” ucapnya. (Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply