Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mengintip Skenario New Normal ITDC

Sumber foto: ITDC

Topcareer.id – Sesuai surat Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah menyelesaikan serangkaian protokol khusus untuk memulai skenario New Normal di masa pandemi Covid-19.

BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB itu telah membentuk Task Force Recovery The New Normal yang bertugas menyusun protokol khusus tersebut.

Protokol disusun berpedoman pada kebijakan Kementerian BUMN, komando Kementerian/Lembaga terkait, khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Kesehatan, serta berdasarkan keunikan dan kondisi masing-masing daerah operasi.

“ITDC selalu mendukung penuh langkah dan kebijakan strategis yang ditetapkan oleh Pemerintah khususnya Kementerian BUMN dalam proses pencegahan dan penanganan Covid-19,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, dalam keterangan tertulis, Jumat (29/5/2020).

“ITDC siap menjalankan arahan Kementerian BUMN terkait skenario The New Normal, karena arahan tersebut sejalan dengan langkah-langkah antisipasi dan protokol pencegahan Covid-19 yang telah diterapkan ITDC sejak Maret lalu.”

Baca juga: ITDC Serahkan Bantuan Masker dan Hand Sanitizer bagi Jurnalis

Hingga saat ini, ITDC menerapkan kebijakan Work From Home bagi sebagian besar karyawannya.

Namun, untuk sebagian karyawan yang tetap bekerja di lapangan, yakni di proyek konstruksi, khususnya di kawasan The Mandalika, ITDC menerapkan protokol kesehatan berupa:

  • Pengawasan sanitasi dan tingkat hygiene lingkungan
  • Penyemprotan disinfektan di barak dan gedung setiap satu minggu sekali
  • Pemeriksaan suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk area kerja
  • Membiasakan mencuci tangan, penggunaan APD, serta penerapan physical distancing.

“Kami akan terus menerapkan standar operating procedure atau protokol kerja baru, tidak hanya untuk pengerjaan proyek konstruksi, tapi juga untuk keseluruhan operasionalisasi kawasan, mengingat lokasi-lokasi proyek tersebut terletak di dalam kawasan.” ujar Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC, Ngurah Wirawan.

Baca juga: Persiapan New Normal, Jokowi Tinjau Stasiun dan Pusat Perbelanjaan

Saat melakukan program pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam kawasan pariwisata The Nusa Dua dan The Mandalika, ITDC selaku tuan rumah juga melibatkan tenant dan stakeholders dalam melakukan kegiatan preventif.

Beberapa kegitan yang dimaksud, antara lain:

  • Pemeriksaan suhu tubuh para pengunjung yang datang ke hotel/restoran/tempat usaha lainnya
  • Pembagian masker kepada para tamu atau pengunjung
  • Menyediakan hand sanitizer di beberapa lokasi yang mudah dijangkau untuk umum
  • Mengadakan sosialisasi dan penyuluhan terkait pencegahan Covid-19 di lingkungan kerja masing-masing
  • Melaksanakan kegiatan kebersihan secara rutin di dalam bangunan/lingkungan hotel/restoran/tempat usaha lainnya
  • Menyiapkan Crisis Center
  • Melakukan mitigasi jika ada suspect, membawanya ke rumah sakit terdekat, serta melakukan monitoring berkala dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

Tak hanya itu, ITDC juga memiliki kebijakan tersendiri ketika harus melakukan kontak dengan pihak dari luar perusahaan.

“Sebagai contoh, apabila pihak ITDC diundang meeting fisik oleh pihak lain, maka pihak ITDC akan memastikan dulu bagaimana protokol kesehatan yang ada di lingkungan tersebut dan metode penerapannya,” papar Ngurah Wirawan.

“Apabila ternyata protokol kesehatan tidak sesuai, maka pihak ITDC akan meminta meeting dilakukan di kantor ITDC. Selain itu, pihak ITDC akan selalu membawa masker cadangan, sehingga saat bertemu dengan pihak yang tidak menggunakan masker, maka pihak ITDC dapat memberikan masker kepada orang tersebut,”

Baca juga: Usai Pandemi, Flexitime Bakal Jadi New Normal di Dunia Kerja

Ketika memasuki masa new normal, ITDC akan menerapkan flexible working hours bagi karyawan, melakukan pembatasan jumlah yang bekerja di kantor, serta menerapkan physical distancing pada working space, termasuk saat pelaksanaan meeting secara fisik.

“Kami optimistis pandemi ini dapat segera diatasi sehingga industri pariwisata Tanah Air dapat kembali bergerak dan memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia. #CovidSafe BUMN,” tutup Abdulbar.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply