Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makan Setelah Berolahraga Itu Penting. Apa Makanan Terbaiknya?

Foto Ilustrasi (freepik)

Topcareer.id – Penting untuk memahami bagaimana tubuh kamu dipengaruhi oleh aktivitas fisik. Makan makanan yang tepat sangat penting setelah berolahraga,

Saat berolahraga, otot kamu akan menggunakan simpanan glikogennya untuk bahan bakar. Hal ini menyebabkan otot-otot kehabisan glikogen. Beberapa protein di otot juga mengalami kerusakan.

Setelah berolahraga, tubuhmu mencoba membangun kembali simpanan glikogennya dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein otot tersebut.

Sangat penting untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah berolahraga agar tubuhmu bisa mengurangi pemecahan protein otot, meningkatkan sintesis protein otot, dan mengembalikan glikogen otot.

Baca Juga: Apa Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga?

Mendapatkan nutrisi yang tepat setelah berolahraga dapat membantumu membangun kembali protein otot dan simpanan glikogen. Ini juga membantu merangsang pertumbuhan otot baru.

Mengutip dari Healthline, memilih makanan yang mudah dicerna setelah berolahraga akan mendorong penyerapan nutrisi lebih cepat.

Kamu bisa makan makanan ringan yang mudah dicerna yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang baik seperti:

  • Karbohidrat:
    Ubi jalar, susu cokelat, biji gandum, buah-buahan (nanas, berry, pisang, kiwi), rice crackers, nasi, oatmeal, kentang, pasta, serta sayuran hijau gelap dan berdaun.
  • Protein:
    Telur, greek yoghurt, keju, salmon, daging ayam, tuna.
  • Lemak:
    Alpukat, selai kacang, dan kacang-kacangan.

Selain memilih untuk makan beberapa makanan tersebut diatas, jangan lupa untuk tetap menjaga diri agar tetap terhidrasi. Selama berolahraga kamu telah kehilangan air dan elektrolit melalui keringat. Sangatlah penting untuk mengisi kembali cairan tubuh selain makan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply