Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tok, Idul Adha 1441 H Jatuh pada 31 Juli 2020

Topcareer.id- Menteri Agama, Fachrul Razi mengumumkan Hari Raya Idul Adha 1441 H jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 mendatang.

Menurutnya, keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan hasil hisab, posisi hilal dan laporan dari rukyatul hilal.

“Rukyatul Hilal ini mengkonfirmasi hasil hisab bahwa hilal di seluruh Indonesia berada di atas ufuk, antara 6 derajat 51 menit sampai dengan 8 derajat 42 menit,” ujarnya usai memimpin Sidang Isbat di Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Kementan Keluarkan Rekomendasi Pelaksanaan Kurban di Masa Pandemi

Selain itu, Menag menuturkan dalam melaksanakan sidang isbat, Kementerian Agama selalu menggunakan dua metode, yaitu hisab dan rukyat.

“Hisab dan rukyat, bukanlah dua hal untuk diberhadapkan atau saling dibenturkan. Keduanya adalah metode yang saling melengkapi satu dengan yang lain,” jelasnya.

Untuk diketahui, sidang isbat ini digelar melalui video konferensi, oleh para pimpinan ormas Islam, para ahli ilmu falak atau astronomi dari UIN/IAIN, Ketua LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), perwakilan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), BOSCHA ITB (Institut Tekonologi Bandung), serta BIG (Badan Informasi Geospasial) dari Planetarium Jakarta.(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply