Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ingin Lebih Produktif? Minum Kafein Jenis Ini

Dok. Keurig

Topcareer.id – Minum secangkir kopi di pagi hari bagi sebagian orang merupakan aktivitas penting yang bisa menunjang kerja seharian ke depan.

Kopi sering dikonsumsi karena memiliki kafein, yang memiliki manfaat. Tetapi, menurut sebuah studi baru, semua itu tergantung pada jenis kafein yang ada dalam minumanmu.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa kafein alami menawarkan efek yang lebih konsisten dan tahan lama dibandingkan dengan kafein sintetis dalam hal kognisi dan suasana hati.

Baca juga: Cara Agar Lebih Produktif Saat Tugas Menumpuk

Sebuah tim dari Universitas Clarkson menerbitkan studi peer-review dengan harapan dapat menemukan perbedaan dalam kafein.

Hasilnya, kafein yang diresapi alami dengan adaptogen, mempengaruhi fungsi kognitif, suasana hati dan fungsi fisiologis seperti detak jantung, tekanan darah dan koordinasi mata tangan, dibandingkan dengan kafein sintetis.

“Kafein sintetis adalah apa yang kamu temukan di sebagian besar minuman berenergi, sedangkan kafein alami adalah apa yang kamu temukan dalam kopi,” kata Profesor Terapi Fisik Universitas Clarkson, Ali Boolani dalam siaran pers yang dikutip dari The Ladders.

Baca juga: Memilih Ruangan yang Bikin Produktif Saat Kerja dari Rumah

Studi ini menemukan bahwa kafein alami dan sintetis meningkatkan kognisi dan suasana hati, namun kafein sintetis memiliki lonjakan awal setelah 30 menit, tetapi melambat dan meruncing pada 60 dan 90 menit.

Menurut Boolani, kafein alami memiliki peningkatan kinerja secara bertahap.

“Kami berpikir bahwa jika kami akan melanjutkan percobaan kami, kami mungkin telah melihat peningkatan yang lebih baik dengan produk kafein alami,” katanya.(Feb)

Leave a Reply