Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Memilih Ruangan yang Bikin Produktif Saat Kerja dari Rumah

Dok. DollarSprout

Topcareer.id – Saat ini kamu mungkin sudah berpindah-pindah ruangan untuk bekerja dari rumah dengan merasa nyaman dan aman. Di ruang tamu, di kamar, atau mungkin di dapur, masuk daftar ruangan yang bisa kamu gunakan untuk kerja dari rumah selama pandemi.

Tapi, pasti kamu bertanya-tanya, di mana ruangan di rumah yang baik untuk bekerja? Seperti yang kamu perkirakan sebenarnya, tidak semua ruangan di rumah dibuat sama.

Steve Adcock menulis dalam The Ladders bahwa ruangan terbaik untuk bekerja dari rumah adalah kamar tanpa gangguan dan merasa tidak hanya nyaman, tetapi terlihat dan berlaku seperti kantor yang sebenarnya.

Baca juga: Tips Tetap Produktif Bekerja dari Rumah dari 3M

Sofa  mungkin berfungsi untuk sementara waktu. Atau, mungkin meja ruang makanmu atau meja lipat di sebelah TV. Tapi, lingkungan kerja kita berdampak pada seberapa produktif kita di siang hari.

Jika kita merasa kantor-rumah kita hanya dibutuhkan untuk waktu yang mepet, atau hanya sementara, atau memiliki terlalu banyak gangguan, maka kemungkinan kita tidak seproduktif siang hari seperti yang kita bisa.

“Memilih tempat kerja membutuhkan perencanaan,” tulis Tech Radar. Jika kamu memiliki kamar cadangan, itu mungkin pilihan terbaikmu.

“Luangkan satu hari untuk mengosongkan atau mengatur ulang kamar cadangan, coba atur untuk sebuah meja. Selain itu, pastikan power supply (listrik) mudah dijangkau, dan jika tidak, pastikan kamu memiliki kabel ekstensi dengan soket colokan yang cukup.”

Baca juga: Cerita Pekerja Jakarta WFH dan WFO di Masa Pandemi

Dapur mungkin merupakan pilihan yang baik, tetapi perlu diingat bahwa dapur cenderung menjadi area di mana keluarga berkumpul. Jika kamu memiliki anak-anak yang berlarian ke sana-sini di dapur dan lalu lintas yang tinggi, pilih kamar lain jika kamu bisa.

Bagaimana dengan kamar mandi? Jangan bekerja di kamar mandi.

Tapi, kamar tidurmu bisa menjadi pilihan yang bagus. Biasanya tenang di siang hari dan tanpa banyak aktivitas masuk dan keluar. Namun, bekerja di kamar tidur menghilangkan pemisahan yang mungkin kamu miliki antara bekerja dan tidur.

“Meskipun ini merupakan opsi yang bagus untuk digunakan untuk mengubah keadaan, bangun untuk bekerja di meja di sudut tempat tidurmu dapat menyebabkan sulit tidur,” tulis Tech Radar.

Baca juga: 5 Ciri Rekan Kerja yang Tak Bisa Dipercaya

Jika komputermu ada di sana saat kamu tidur, kamu mungkin terganggu oleh kebisingan, lampu berkedip, atau firasat menjengkelkan untuk memeriksa email sekali lagi sebelum tidur.

Ruang kantor terbaik adalah yang didedikasikan sebagai kantor-rumah, terlepas dari ruangan. Kamar cadangan adalah pilihan bagus. Loteng, ruang bawah tanah, atau bahkan loteng atas juga bisa digunakan.

“Dalam kebanyakan kasus, ruang kantor rumah terbaik adalah yang bisa kamu tutup, membuatmu fokus pada tugas keluarga dan rumah tangga ketika hari kerja selesai.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply