Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bulan Menjauh dari Bumi 3.78 cm Per Tahun. Ada Apa?

Topcareer.id – Kecepatan perpindahan Bulan dari Bumi dapat memengaruhi kehidupan di planet ini, tetapi ini bisa memakan waktu miliaran tahun, menurut ilmuwan ruang angkasa Dr Maggie Aderin-Pocock seperti dikutip BBC.

Sangat mudah untuk melihat Bulan setiap malam yang cerah. Rasanya seolah-olah bulan akan selalu ada di sana seperti sekarang untuk selamanya. Tapi itu tidak sepenuhnya benar.

Diperkirakan bahwa Bulan terbentuk ketika sebuah proto-planet seukuran Mars bertabrakan dengan Bumi purba sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Puing-puing yang tersisa dari tumbukan bersatu untuk membentuk Bulan.

Dalam simulasi yang dilakukan para ilmuwan menyiratkan bahwa pada saat pembentukannya, Bulan berada jauh lebih dekat dengan Bumi yakni hanya berjarak 22.500 km jauhnya, dibandingkan dengan jarak sejauh 402.336 km antara Bumi dan Bulan saat ini.

Baca Juga: Wabah Corona Bikin Bumi Jadi Seperti Ini

Faktanya, bulan terus berputar menjauh dari Bumi, dengan kecepatan 3,78cm per tahun, kecepatan yang sama dengan pertumbuhan kuku jari manusia.

Tanpa Bulan, Bumi bisa melambat cukup untuk menjadi tidak stabil, tetapi ini akan membutuhkan miliaran tahun dan itu mungkin tidak akan kamu alami.

Migrasi Bulan menjauh dari Bumi terutama karena aksi pasang surut bumi.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply