Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Daftar Kota Ramah Sepeda di Dunia (Bagian 1)

Sumber foto: Business Insider

Topcareer.id – Bersepeda merupakan cara terbaik untuk tetap aktif, sembari mengurangi jejak karbon di lingkungan kamu.

Di Indonesia sendiri, terutama di jalanan kota-kota besar, kini sudah mulai disediakan beberapa titik zona khusus sepeda, dan sedang dipersiapkan regulasinya dalam hal keamanan dan kenyamanannya.

Nah, ngomong-ngomong tentang sepeda, berikut 10 kota ramah sepeda dari tiap negara di dunia, yang secara aktif mendorong keberlangsungan moda transportasi hijau ini.

Bagian pertama dari artikel.

Copenhagen, Denmark
Copenhagen sering dianggap sebagai kota paling ramah sepeda di dunia. Turis sering kewalahan dengan jumlah sepeda yang melintas, dan anak-anak sudah diajarkan untuk naik sebelum mereka cukup umur untuk bersekolah.

Berkat langkah-langkah ramah sepeda yang diambil oleh kota ini, hampir setengah dari semua penduduk Copenhagen pulang-pergi bekerja dengan sepeda.

Copenhagen sekarang memiliki “Cycle Super Highway” yang menghubungkan kota ke kota Albertslund dengan banyak fasilitas di sepanjang jalan, seperti pompa udara, persimpangan yang aman, dan lampu lalu lintas yang disesuaikan dengan kecepatan bersepeda rata-rata untuk meminimalkan penghentian.

Baca juga: Mahasiswa Asal Yunani Bersepeda 48 Hari Untuk Pulang Karena Penerbangan Dibatalkan Akibat Pandemi Virus Corona

Amsterdam, Belanda
Kamu tidak benar-benar mengalami berada di Amsterdam tanpa berkeliling menggunakan sepeda. Ada lebih dari 800.000 sepeda di Amsterdam, yang berarti ada lebih banyak sepeda daripada manusianya.

Jalanan yang relatif datar sering dipenuhi dengan sepeda. Orang menggunakannya untuk beragam aktivitas harian.

Selain itu, ada banyak tempat bagi wisatawan untuk menyewa sepeda dan mulai menjelajah, belum lagi tur berpemandu dan booklet bergambar yang dimaksudkan untuk membantu pendatang baru berkeliling menggunakan sepeda secara efisien.

Portland, Oregon
Sulit untuk mengalahkan Eropa dalam hal kota ramah sepeda, tetapi Portland di Amerika Serikat telah memberikan usaha terbaiknya. Biro Transportasi Portland perlahan-lahan melakukan perbaikan untuk membantu warga dan wisatawan berkeliling dengan sepeda.

Pengendara sepeda bisa mengambil peta kota dan lingkungan yang dicetak gratis. Mereka juga bisa mendapatkan informasi keselamatan dan lain sebagainya untuk membantu navigasi yang lebih baik saat berkunjung.

Ada juga sistem penyewaan sepeda umum yang dianggap salah satu yang terhijau di dunia. Kota ini juga menawarkan fasilitas lain, termasuk loker sepeda, kelas mengendarai sepeda, dan panduan etiket.

Baca juga: Polygon Rilis Seri Sepeda Gravel Terbaru, Ini Harganya

Boulder, Colorado
Penduduk Boulder sudah memiliki reputasi terhadap kecintaan mereka pada alam bebas. Jadi masuk akal jika bersepeda menjadi cara yang populer di sana untuk berkeliling.

Jalur sepeda sejauh 300 mil di kota ini mencakup jalur sepeda di jalan, jalur sepeda kontra-flow, rute sepeda yang ditentukan, bahu jalan beraspal, jalur multi guna, dan jalur permukaan lunak. Ada juga program pendaftaran sepeda untuk membantu melindungi sepeda dari pencurian.

Montreal, Kanada
Kota Montreal yang ramai di Kanada, memiliki jalur sepeda sepanjang 600 kilometer, hampir dua kali lipat Copenhagen. Di musim semi, pengendara sepeda mengambil jalur yang telah ditentukan, dan berhenti di berbagai kios makanan dan minuman yang ada di sepanjang jalan.

Terlebih lagi, kota ini rutin menyelenggarakan festival sepeda di setiap tahunnya. Mereka menyambut pengendara sepeda dari segala usia dan tingkat keterampilan, untuk melakukan tur keliling kota.(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply