Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kurang Tidur Sebabkan Masalah Kesehatan yang Tak Sepele

Foto Ilustrasi Mengantuk

Topcareer.id – Melewatkan tidur malam adalah pengalaman yang umum bagi orang muda, atau orang tua baru, dan semua jenis orang dewasa yang sibuk. Atau kurang tidur karena usai berpesta.

Hasil akhir dari malam kurang tidur adalah tubuh kamu akan kehilangan komponen esensialnya untuk kesehatan dan energi yang baik.

Sebagian besar orang dewasa sebaiknya tidur antara tujuh hingga sembilan jam dalam semalam, tetapi masih banyak yang mendapatkan tidur malam kurang dari enam jam.

Baca Juga: Tips Untuk Kebiasaan Tidur yang Sehat

Bahkan tak jarang yang terkadang melewatkan satu malam sepenuhnya, dan ini menghasilkan akumulasi hutang tidur yang dapat memengaruhi penampilan, sistem kekebalan tubuh, dan bahkan fungsi otak. Kurang tidur atau melewatkan tidur semalam juga bisa menyebabkan hal berikut ini:

Lingkaran hitam

Mata bengkak dengan lingkar mata hitam dan kulit pucat akan menjadi penampilanmu jika kamu terlalu sedikit tidur. Kehilangan tidur semalaman dapat menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata kamu, ini yang menyebabkan lingkaran hitam dan mata bengkak.

Rasa lapar

Kurang tidur mengubah cara tubuh kamu mengartikan sinyal kelaparan, membuat kamu mengidam makanan yang bisa sulit dikendalikan. Faktanya, wanita yang tidur lima jam atau kurang di malam hari, 15 persen lebih mungkin menjadi gemuk.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Tidur yang Ternyata Buruk untuk Kesehatan

Tidak fokus

Kehilangan tidur malam meningkatkan kemungkinan kamu menjadi seorang yang pelupa atau lambat dalam bereaksi, sehingga dapat mengakibatkan banyak kesalahan kecil hingga kesalahan besar.

Flu biasa

Hidung gatal dan mampet merupakan efek samping potensial lain dari tidur malam yang kurang atau terlewatkan. Sistem kekebalan tubuh bisa juga terpengaruh, membuat tubuhmu lebih rentan terhadap pilek.

Gairah seks menurun

Kelelahan adalah faktor besar dalam hal mood untuk berhubungan seks. Mungkin ini penyebab negara maju dan gila kerja seperti Jepang dan Kanada memiliki tingkat kelahiran yang lebih kecil dibandingkan negara lain. Karena dengan budaya workaholic nya telah menyebabkan mereka kehilangan gairah untuk seks. Bahkan Kanada kini membuka pintunya bagi siapapun yang ingin menjadi warga negaranya karena mengalami kekurangan penduduk akibat kecilnya tingkat kelahiran di sana.

Satu malam tanpa tidur biasanya bukan masalah besar, tetapi seiring waktu, penyimpangan sesekali ini jika rutin dilakukan dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius.

Dalam jangka panjang, terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan stroke. Demi kehidupan yang sehat berusahalah untuk mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik, termasuk tidur tepat waktu agar kamu tidak mengalami kurang tidur.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply