Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Untuk Kebiasaan Tidur yang Sehat

Sumber foto: shutterstock.com

Topcareer.id – Banyak faktor yang dapat mengganggu tidur malam kamu yang nyenyak. Mulai dari stres kerja, tanggung jawab keluarga, hingga tantangan hidup yang tak terduga.

Tidaklah mengherankan bahwa kualitas tidur kadang-kadang sulit dicapai. Meskipun kamu mungkin tidak dapat mengendalikan faktor-faktor yang mengganggu tidurmu, namun kamu dapat mengadopsi kebiasaan untuk mendorong tidur yang lebih baik.

Seperti dikutip dari mayoclinic.org, Rabu (10/6/2020), mulailah dengan tips sederhana ini.

Tetapkan jadwal tidur
Siapkan waktu tidak lebih dari delapan jam untuk tidur. Biasakan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Jika kamu tidak tertidur dalam waktu sekitar 20 menit, tinggalkan kamarmu dan lakukan sesuatu yang menenangkan. Cobalah membaca atau mendengarkan musik, lalu kembali ke kamar tidur ketika kamu sudah lelah. Ulangi sesuai kebutuhan.

Perhatikan apa yang kamu makan atau minum
Jangan pergi tidur dalam kondisi lapar. Secara khusus, hindari makanan berat atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur. Ketidaknyamanan bisa membuatmu terjaga. Meskipun alkohol mungkin membuatmu mengantuk, itu dapat mengganggu tidurmu di malam hari.

Ciptakan lingkungan yang tenang
Buat ruangan yang ideal untuk tidur. Seringkali ini berarti dingin, gelap dan sunyi. Hindari penggunaan layar pemancar cahaya dalam waktu lama sebelum tidur.

Pertimbangkan untuk menggunakan warna yang gelap pada ruangan, dan ciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Melakukan aktivitas menenangkan sebelum tidur, seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi, dapat meningkatkan kualitas tidur.

Batasi tidur siang
Tidur siang yang panjang bisa mengganggu tidur malam. Jika kamu memilih untuk tidur siang, batasi diri untuk tidur siang maksimal hingga 30 menit, dan hindari melakukannya di sore hari.

Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian
Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari aktif terlalu dekat dengan jam tidur. Menghabiskan waktu di luar setiap hari mungkin juga membantu.

Kelola kekhawatiran
Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran sebelum tidur. Catat apa yang ada di pikiranmu dan kemudian sisihkan untuk besok. Manajemen stres mungkin membantu.

Mulailah dengan tahapan dasar, seperti mengorganisir, menetapkan prioritas, dan mendelegasikan tugas. Meditasi juga bisa meredakan kecemasan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply