Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Rekomendasi Diet untuk Hari Raya Idul Adha

Dok/Tribune

Topcareer.id – Acara makan-makan bersama keluarga dan kerabat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hari raya Idul Adha. Tak hanya menyajikan menu daging, makanan lain seperti permen, kue, biskuit, aneka kacang-kacangan hingga minuman manis pun hadir.

Menjaga kesehatan saat hari raya adalah sebuah keharusan. Itu sebabnya, kamu perlu tahu nilai-nilai gizi dan nutrisi apa saja yang sebaiknya disajikan untuk dikonsumsi.

Daging domba, dan daging umum lainnya
Konsumsi dalam jumlah besar tidak dianjurkan karena daging memiliki kandungan lemak sekitar 20% dan menyediakan energi dalam jumlah besar per sajian.

Untuk mengurangi konsumsi lemak dan kalori sambil menikmati makanan hari raya, ada baiknya untuk memilih potongan daging tanpa lemak, seperti iga dan betis (tanpa lemak eksternal), yang memiliki kandungan lemak sekitar 6%.

Baca juga: Sambut Idul Adha, KAI Beri Potongan Harga

Cara lebih lanjut untuk mengurangi konsumsi lemak dan kalori di hari raya Idul Adha

  • Paling utama, tetap pilihlah daging yang memiliki kandungan lemak lebih rendah
  • Buang lemak yang terlihat selama mempersiapkan potongan daging untuk dibakar
  • Hindari konsumsi organ dalam yang mengandung banyak lemak dan kolesterol.

Porsi daging

  • Lebih baik menghindari konsumsi daging bakar dalam jumlah besar
  • Saat memanggang daging di atas arang, ada baiknya juga memanggang sayuran seperti bawang, tomat, terong, zucchini, dan wortel. Termasuk berbagai macam sayuran panggang. Selain sehat, ini juga akan meningkatkan penampilan hidangan menjadi penuh warna dan kaya rasa
  • Tambahkan menu salad sayuran segar. Ini dapat dimasukkan sebagai pilihan selain memanggang sayuran

Apa yang sebaiknya disajikan sebagai lauk pauk

  • Kamu bisa tambahkan jenis makanan lain, seperti kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, sayuran dan buah, pada setiap kali makan
  • Penting untuk memasukkan makanan sehat berserat seperti gandum, sayuran mentah atau sayuran matang dengan beragam warna dan jenis

Baca juga: Tok, Idul Adha 1441 H Jatuh pada 31 Juli 2020

Nilai gizi daging:

  • Daging domba-iga dengan lemak, mengandung 314 energi/kcal, 22 gram protein, 24 gram total fat, 11 gram lemak jenuh, 95 mg kolesterol, dan 1.9 mg zat besi.
  • Daging domba – berbagai potongan tanpa lemak yang terlihat, mengandung 229 energi/kcal, 18 gram protein, 17 gram total fat, 8 gram lemak jenuh, 66 mg kolesterol, dan 1.4 mg zat besi
  • Daging sapi tanpa lemak, mengandung 198 energi/kcal, 28 gram protein, 9 gram total fat, 3 gram lemak jenuh, 75 mg kolesterol, dan 2.7 mg zat besi.

Setelah makan, disarankan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti berjalan, bersepeda, dan bermain bola. Namun ingat, lakukan semua hal tersebut secara santai dan tidak berlebihan.(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply