Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

11 Bandara Angkasa Pura Airports Sediakan Rapid Test Rp 150 Ribu

Ilustrasi tes antigen secara mandiri.Contoh hasil rapid test corona. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Sebelas bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports menyediakan layanan rapid test bagi para pengguna jasa bandara untuk memudahkan mereka dalam memenuhi kelengkapan dokumen persyaratan sebelum melakukan perjalanan udara.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020. Layanan rapid test, yang dapat dimanfaatkan masyarakat umum lainnya di sekitar bandara, mulai dibuka di bandara Angkasa Pura Airports sejak 22 Juli dan 27 Juli 2020.

Adapun 11 bandara tersebut, yaitu:

  1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.
  2. Bandara Juanda Surabaya.
  3. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.
  4. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
  5. Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA).
  6. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.
  7. Bandara Adi Soemarmo Solo.
  8. Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.
  9. Bandara Lombok Praya.
  10. Bandara El Tari Kupang.
  11. Bandara Sentani Jayapura.

Baca juga: Air Asia Tawarkan Rapid Test Drive-Thru, Ini Biayanya

“Untuk memudahkan calon penumpang melakukan perjalanan udara pada masa pandemi ini, Angkasa Pura Airports  menyediakan layanan fasilitas rapid test di area bandara, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Direktur Utama Angkasa Pura Airports,  Faik Fahmi dalam siaran pers, Rabu (29/7/2020).

“Dengan adanya layanan ini, diharapkan para calon penumpang pesawat udara dapat lebih percaya diri dan tetap merasa nyaman ketika ingin melakukan perjalanan udara,” ujar dia.

Biaya yang dikenakan yaitu Rp 150.000 untuk satu kali tes dengan hasil pemeriksaan yang dapat langsung diketahui dalam rentang waktu sekitar 30 menit. Layanan rapid test ini dibuka setiap hari dengan waktu layanan beragam, antara pukul 07.00-15.00 waktu setempat, dan 08.00-16.00 waktu setempat.

Baca juga: Mulai 27 Juli, KAI Sediakan Layanan Rapid Test di Stasiun

Angkasa Pura Airports senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi pelayanan rapid test di tiap bandara ini. Tidak hanya para petugas yang wajib menaati protokol kesehatan, begitu juga calon peserta rapid test.

Calon peserta melakukan registrasi dengan membawa kartu identitas dan mengisi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, para peserta rapid test dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter dan pengambilan sample darah. Setelah selesai menjalani tes, para peserta diharap tetap berada di ruang tunggu sampai hasil rapid test keluar.(Feb)

Leave a Reply