Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tiga Ngarai, Bendungan di China yang Mampu Lambatkan Rotasi Bumi (Bagian 1)

Topcareer.id – Ketika Bendungan Tiga Ngarai dibangun di China, sebanyak 39 triliun kilogram air dari Sungai Yangtze berada di belakangnya, menumpuk hingga 175 meter di atas permukaan laut. Ini sedikit mengubah momen inersia Bumi, menyebabkan rotasi bergerak lebih lambat.

NASA telah menghitung bahwa bendungan ini memperlambat rotasi sebesar 0,06 mikrodetik. Kecepatan rotasi planet Bumi sebenarnya berfluktuasi cukup sering, karena dapat dipengaruhi oleh gempa bumi, bulan, dan pergerakan Kutub Utara yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Namun, pada saat yang sama, bendungan Tiga Ngarai ini tak pelak menjadi subjek kontroversi yang penting dan signifikan. Baik dalam skala nasional, regional, atau bahkan internasional.

Jadi, jika kamu ingin mengetahui ada cerita apa saja di balik Bendungan Tiga Ngarai ini, dan apa yang membuatnya sangat kontroversial, berikut beberapa faktanya.

Bagian pertama dari artikel:

Bendungan ini merupakan ide Sun Yat-Sen
Sun Yat-sen, yang sering dianggap sebagai bapak China modern, pada awalnya mengusulkan gagasan Bendungan Tiga Ngarai pada awal tahun 1919.

Setelah menggulingkan dinasti Manchu China pada tahun 1922, Sun Yat-sen memicu revolusi yang menanamkan benih-benih yang menjadikan Republik Tiongkok saat ini.

Sun Yat-Sen mengusulkan gagasan membangun bendungan yang tidak hanya akan membantu mengendalikan banjir Sungai Yangtze, tetapi juga mewujudkan “kekuatan baru” Tiongkok.

Bendungan Tiga Ngarai sangat masif
Beberapa mengklaim Bendungan Tiga Ngarai dapat dilihat dari luar angkasa, ini tidak benar. Namun, bendungan itu memang sangatlah besar.

Terbuat dari baja dan beton, bendungan baja ini panjangnya 2,35 Kilometer, dan tingginya sekitar 182 meter. Para insinyur membutuhkan 510.000 ton baja untuk membangun bendungan besar itu.

Tiga tujuan utama
Meskipun Bendungan Tiga Ngarai cenderung menarik lebih banyak perhatian negatif, ada beberapa manfaat positif nyata dari bendungan ini. Bendungan Tiga Ngarai dirancang untuk melayani tiga tujuan utama yakni pengendalian banjir, produksi listrik tenaga air dan peningkatan navigasi.

Kekuatan besar
Untuk menghasilkan semua energi, proyek hidro membutuhkan infrastruktur yang luar biasa. Bendungan Tiga Ngarai menyediakan energi bagi jutaan orang dengan 34 generator besar. Singkatnya, itu akan seperti pembangkit listrik yang membakar 25 juta ton minyak mentah atau 50 juta ton batubara.(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply