Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penelitian: Squat Bisa Memperpanjang Usia

Topcareer.id – Duduk terlalu lama tidak baik untuk kesehatan, meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Tapi kamu tidak perlu bergerak sepanjang hari untuk mengimbangi kerusakan yang disebabkan. Penelitian menunjukkan bahwa mengubah cara kamu ‘duduk’, memungkinkan kamu lebih sehat.

Idenya berasal dari studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences, yang mengamati kebiasaan suku Hadza yang tinggal di Tanzania, Afrika Timur.

“Suku Hadza menghabiskan sembilan hingga sepuluh jam sehari sama seperti kita, tetapi mereka tidak memiliki tingkat penyakit yang sama,” kata penulis utama studi ini, Profesor David Raichlen, ahli biologi evolusi di University of Southern California.

“Kami pikir ini karena mereka tidak duduk ketika mereka beristirahat – mereka squat atau berlutut.” Dan ini, tampaknya, adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan mereka. Pertanyaannya adalah, mengapa?

Ketika kita duduk, otot-otot di kaki dan bokong mati. Namun, squat atau berjongkok dengan kaki rata di lantai akan menjaga otot tetap bekerja. “Untuk melakukan ini dibutuhkan bahan bakar dan otot-otot mengeluarkan lemak yang disebut trigliserida keluar dari aliran darah,” kata Raichlen.

Kadar trigliserida yang tinggi terkait dengan penyakit jantung, jadi dengan menggunakannya untuk squat, kamu akan mengurangi kadarnya dan potensi risiko dari penyakit ini.

Sebuah studi tahun 2015, yang dipresentasikan pada konferensi American College of Sports Medicine di San Diego, menemukan bahwa hanya berhenti duduk setiap setengah jam dengan squat dan betis terangkat kontrol gula darah akan membaik pada orang dengan diabetes tipe 2.

Squat juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan pada kaki, yang juga terkait dengan umur panjang. Sebuah uji coba, yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology pada tahun 2014, mengungkapkan bahwa orang yang berusia 51 hingga 80 tahun, yang bisa bangun dari posisi seperti jongkok tanpa menggunakan tangan mereka, memiliki kemungkinan lebih kecil untuk meninggal dalam enam tahun ke depan daripada mereka yang yang tidak bisa.

Para peneliti menyarankan hasil mencerminkan fakta bahwa langkah tersebut mendorong kekuatan dan fleksibilitas yang berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik.

Orang yang biasanya berjongkok saat istirahat cenderung menggunakan posisi ini saat pergi ke kamar mandi – dan ini juga memiliki manfaat. “Manusia dimaksudkan untuk [menggunakan toilet] dalam posisi jongkok,” jelas Dr Megan Rossi, ahli diet di King’s College London, dengan keahlian dalam kesehatan usus. “Ini meluruskan bagian bawah usus dan anus, memungkinkan untuk evakuasi yang lancar tanpa melelahkan.”

Posisi yang tepat untuk squat saat istirahat membuat kamu berjongkok, lutut tertekuk, bagian bokong hampir di lantai, dengan tumit rata, ‘jelas Tim Allardyce, ahli fisioterapi di Surrey Physio di Mitcham. “Saya kira 95 persen orang dewasa tidak bisa masuk, atau tetap nyaman, dalam posisi itu.”

Cobalah menahan squat saat istirahat selama sepuluh hingga 20 detik, perpanjang waktu setiap minggu sampai kamu dapat menahannya selama tiga hingga lima menit.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply