Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Keren! Empat Siswa Indonesia Raih Medali Olimpiade Kimia Internasional

Empat siswa Indonesia berhasil menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Kimia Internasional ke-52 dengan meraih empat medali.(DOK. PUSPRESNAS)

Topcareer.id – Empat siswa Indonesia berhasil torehkan prestasi di ajang 52nd International Chemistry Olympiade (IChO) atau Olimpiade Kimia Internasional ke-52 dari Istanbul, Turki, dengan meraih empat medali pada pengumuman 30 Juli 2020.

Dikutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dua medali perak diraih oleh dua siswa, yaitu Mark Susanto dari SMAK BPK Penabur 1 Jakarta dan Ivan Candra Gunawan dari SMAK Petra 2 Surabaya.

Sementara itu, dua medali perunggu juga diraih oleh dua siswa, yaitu Rifqi Naufal Abdjul dari SMAN 81 Jakarta dan Steven William dari SMAK Petra 1 Surabaya.

Baca Juga: Sedang Kuliah Semester 5? Ada Beasiswa buat Kamu

Semua siswa yang mewakili Indonesia dalam Olimpiade Kimia Internasional berhasil meraih medali. Acara pemberian medali pada tahun ini dikemas oleh panitia IChO ke-52 secara virtual dengan visualisasi seperti kenyataan yang dirasakan jika dilakukan secara normal. 

“Kami mencoba yang terbaik untuk melakukan di Olimpiade secara on site, tetapi ini tidak mungkin karena pandemi Covid-19 global,” kata Profesor Arif Dasganmen pada pidatonya selaku ketua panitia akademik IChO 2020 di acara penutupan.

“Kami tahu bahwa semua siswa Olimpiade, keluarga mereka, guru mereka, pembimbing mereka, dan negara mereka telah menghabiskan banyak upaya untuk ingin berpartisipasi dalam olimpiade ini. Kami tidak bisa mengabaikan situasi ini, dan kami memutuskan menyelenggarakan IChO secara online.”

Prof. Arif Dasganmen menyampaikan kegiatan olimpiade kimia tingkat internasional ini sebagai wujud penjaringan talenta di bidang kimia, agar memberikan manfaat di masa depan.

Pada tahun ini sebanyak 235 siswa dari 60 negara terdaftar pada IChO 2020,  terdapat 8 negara sebagai observer. Dua puluh dua negara tidak dapat berpartisipasi karena belum menyeleksi pada kompetisi nasionalnya dan belum melatih tim nasional mereka.**(RW)

Leave a Reply