Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bangkitkan Bisnis Perumahan, Pemerintah Siapkan Subsidi Bunga KPR

Topcareer.id – Sektor bisnis perumahan dan industri turunannya menjadi salah satu yang terkena imbas dari krisis pandemic Covid-19. Untuk itu, pemerintah dan pelaku usaha juga melakukan percepatan pemulihan di sektor ini.

Salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi dampak pandemi di sektor perumahan, yakni dengan memberikan subsidi bunga KPR.

“Pemerintah telah menyiapkan subsidi bunga bagi KPR 70 dari program Pemulihan Ekonomi Nasional”, kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara, dalam acara Webinar Sinergi untuk Percepatan Pemulihan Sektor Perumahan Rabu lalu, (29/07) secara teleconference, dikutip dari laman Kemenkeu.

Baca Juga: Tips Gunakan Kartu Kredit di Tengah Pandemi Covid-19

Ia menyampaikan bahwa dalam prosesnya, data akan diambil dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kemudian oleh Kementerian Keuangan bekerja sama dengan perbankan penyalur menghitung besarnya subsidi bunga yang bisa diberikan kepada nasabah.

Selain itu, Wamenkeu juga mengajak untuk memanfaatkan beberapa skema yang berkembang semaksimal mungkin untuk sektor perumahan.

Skema tersebut meliputi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan yang dikelola Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan, kredit kepemilikan rumah melalui subsidi bunga, subsidi bantuan uang muka dan bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan dan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

“Saat ini, pemerintah menggunakan instrumen penempatan dana di perbankan, BTN termasuk yang mendapat penempatan dana tersebut,” tambahnya.

Wamenkeu juga mendorong seluruh Special Mission Vehicle (SMV), salah satunya PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk melakukan analisis yang mendalam dan bersinergi dengan dunia usaha untuk memikirkan terobosan kebijakan baru yang mendorong permintaan dan bergulirnya kegiatan ekonomi.**(RW)

Leave a Reply