Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Suka Olahraga dan Minat Jadi Personal Trainer? Ini Langkahnya

Topcareer.id – Menjadi personal trainer (PT) bisa menjadi pilihan karier yang baik jika kamu menyukai kebugaran dan membantu orang lain mencapai tujuan kebugaran mereka.

Sebagai penggemar kebugaran, kamu mungkin telah melakukan pelatihan pribadi tidak resmi selama bertahun-tahun, tetapi masih ada lebih banyak langkah yang harus diambil untuk mendapatkan sertifikasi PT, mencari pekerjaan sebagai PT, atau mendirikan bisnis kebugaran independen.

Seorang PT akan bekerja satu lawan satu dengan klien untuk mengembangkan dan menerapkan program pelatihan kebugaran yang membantu mereka menurunkan berat badan, menjadi lebih kuat, meningkatkan kinerja fisik atau menjaga kesehatan mereka.

Salah satu jobdesc PT adalah memperkenalkan klien pada latihan individual yang didasarkan pada tujuan pribadi, tingkat keterampilan, dan kebutuhan mereka. PT wajib mengikuti tren terbaru dan rekomendasi profesional dalam kebugaran dan nutrisi.

Personal trainer adalah profesional kebugaran bersertifikasi nasional dengan pengetahuan update tentang anatomi manusia dan fisiologi, nutrisi, serta ilmu olahraga.

Mereka harus memiliki kemampuan untuk membuat dan memimpin latihan individu dan kelompok yang dibuat khusus untuk kebutuhan kesehatan klien mereka. PT melakukan penilaian klien untuk mengembangkan rencananya, membantu membangun perilaku gizi yang sehat dan memotivasi klien mereka untuk berhasil.

Pelatih pribadi bersertifikat dapat berwiraswasta, bekerja untuk gym atau pusat kebugaran, bahkan bekerja untuk perusahaan. Jika kamu berminat untuk menjadi seorang personal trainer, berikut ini beberapa langkah yang harus kamu jalani:

  • Dapatkan gelar minimal sekolah menengah atas
    Mayoritas lembaga sertifikasi nasional mensyaratkan para kandidat untuk memiliki ijazah minimal sekolah menengah atau yang setara untuk mengikuti ujian sertifikasi. Meskipun pendidikan postecondary dalam bentuk sertifikat, kursus pelatihan atau gelar formal sangat dianjurkan, namun menyelesaikan persyaratan pendidikan minimum adalah penting.
  • Lengkapi sertifikasi AED / CPR
    Karena personal trainer mungkin menghadapi keadaan darurat fisik dengan klien, mereka harus mampu melakukan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) dan program sertifikasi Automated External Defibrillator (AED). Program-program ini mengajarkan para PT bagaimana mengenali kapan klien mengalami keadaan darurat medis, menangani keadaan darurat jantung atau pernapasan, dan bertindak dengan cepat untuk membantu klien sampai bantuan profesional medis tiba. Sertifikasi AED dan CPR diperlukan oleh hampir setiap organisasi sertifikasi pelatihan pribadi nasional.
  • Pilih spesialisasi kebugaran
    Sebelum memulai segala bentuk pelatihan, penting untuk memutuskan jalur karier. Calon PT dapat memilih spesialisasi yang sesuai dengan keahlian mereka, minat pribadi, dan tujuan profesional. Apakah kamu ingin bekerja dalam latihan kelompok? Pelatihan pribadi individual? Atau pemrograman kebugaran? Setelah menentukan pilihan, tinjau berbagai lembaga sertifikasi kebugaran dan masing-masing sertifikasi kebugarannya. Pilih program yang paling masuk akal, dari sudut pandang persiapan dan hasil profesional.
  • Bersiap untuk sertifikasi
    Setelah sertifikasi dipilih, sekarang saatnya untuk mempersiapkan ujian sertifikasi. Opsi pelatihan mencakup semuanya, mulai dari kursus persiapan ujian hingga kelas pelatihan multi-sesi, gelar sarjana dalam ilmu olahraga hingga gelar pascasarjana di bidang kinesiologi.
  • Ambil pilihan sertifikasi dan lulus ujian
    Langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk ujian sertifikasi yang dipilih. Registrasi biasanya termasuk aplikasi dan biaya. Sebagian besar sertifikasi pelatihan pribadi adalah tes berbasis komputer yang mencakup antara 120 dan 150 pertanyaan pilihan ganda. Misalnya, Sertifikasi Pelatih Pribadi Bersertifikat dari Akademi Kedokteran Olahraga Nasional memiliki pertanyaan di empat bagian: Perencanaan Program, Konsultasi Klien dan Penilaian Kebugaran, Teknik Latihan, dan Masalah Keselamatan / Darurat.
  • Mulai lamar pekerjaan dan bangun portofolio
    Setelah lulus ujian dan menjadi personal trainer bersertifikat, kamu akan memenuhi syarat untuk posisi di berbagai tempat kebugaran. Banyak PT memulai dengan mendapatkan pengalaman dengan bekerja di gym lokal mereka dan membayangi pelatih berpengalaman sebelum mencari peluang lain. Ada juga yang memutuskan bekerja sebagai profesional independen, dan membangun daftar klien. Bagaimanapun, membangun portofolio klien, koneksi industri dan melanjutkan pendidikan dapat membuat value kamu lebih berharga dalam jangka panjang.**(RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply