Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Faktor Penyebab Kesepian dan Cara Mengatasinya

Topcareer.id – Faktor yang berkontribusi terhadap kesepian termasuk variabel situasional, seperti isolasi fisik, pindah ke lokasi baru, dan putus hubungan, kematian seseorang yang penting juga dapat menyebabkan perasaan kesepian. Selain itu, bisa menjadi gejala gangguan psikologis seperti depresi.

Kesepian juga dapat dikaitkan dengan faktor-faktor internal seperti rendahnya harga diri. Orang-orang yang kurang percaya diri sering percaya bahwa mereka tidak layak diperhatikan atau dianggap oleh orang lain. Ini dapat menyebabkan isolasi diri dan kesepian kronis.

Apa yang disarankan oleh penelitian tentang kesendirian
Para peneliti telah menemukan bahwa tingkat kesepian yang rendah terkait dengan pernikahan, pendapatan yang lebih tinggi, dan status pendidikan yang lebih tinggi. Tingkat kesepian yang tinggi dikaitkan dengan gejala kesehatan fisik, hidup sendiri, jaringan sosial kecil, dan hubungan sosial berkualitas rendah.

Baca Juga: Kesepian Berbahaya Bagi Kesehatan Mental. Ini Penjelasannya

Teman dekat bisa membantu memerangi kesepian
Di Amerika jumlah orang yang tidak memiliki teman dekat telah meningkat tiga kali lipat sejak 1985. Munculnya internet dan media sosial, secara ironis telah menjadi penyebab terbesarnya.

Para ahli percaya bahwa bukan kuantitas interaksi sosial yang memerangi kesepian, tetapi kualitasnya. Memiliki tiga atau empat teman dekat saja sudah cukup untuk menangkal kesepian dan mengurangi konsekuensi kesehatan negatif yang terkait dengan keadaan pikiran ini.

Kesepian bisa menular
Satu studi menunjukkan bahwa kesepian sebenarnya bisa menular. Dalam studi selama 10 tahun, para peneliti memeriksa bagaimana kesepian menyebar di jejaring sosial. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang dekat dengan seseorang yang mengalami kesepian adalah 52% lebih mungkin untuk menjadi kesepian juga.

Halaman selanjutnya >>>>>>>>>>>>> Tips untuk mencegah dan mengatasi kesepian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply