Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Daftar Makanan Ini Bisa Bantu Kamu Jaga Kesehatan Mental

Biji rami. (dok. Operafood)

Topcareer.id – Apa yang kamu makan tidak hanya berpengaruh pada berat badan, tapi juga perasaanmu secara emosional.

Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mental terhadap diri sendiri. Apakah kamu mengalami kecemasan, atau perasaan tertekan?

Jika demikian, mungkin sudah waktunya untuk mengubah asupan makananmu sehari-hari karena baik buruknya asupan dalam dietmu, bisa pengaruhi kesehatan mental.

Dalam sebuah artikel untuk Well + Good, psikolog nutrisi Dr. Uma Naidoo mengatakan bahwa selama masa ketidakpastian akibat Covid-19, adalah normal untuk menikmati makanan yang menenangkan. Namun, pilihan yang buruk ini sebenarnya hanya dapat memperburuk kesehatan mentalmu.

“Makan lebih banyak buah dan sayuran, daging tanpa lemak, biji-bijian, dan lemak sehat, seperti minyak zaitun dan alpukat. Sementara itu, kurangi gula tambahan akan sangat membantu jaga keseimbangan bakteri usus yang lebih sehat, di mana terbukti membantu meringankan kecemasan, stres, dan depresi,” katanya dalam wawancara, dikutip dari laman The Ladders.

Baca juga:

Pada dasarnya, menghindari lemak, gula, dan natrium yang tidak sehat akan membantu menjaga tubuh merasa lebih segar dan kepala bersih dari kabut-kabut menyebalkan.

Naidoo mengatakan bahwa setelah memilih makanan sehat di toko bahan makanan, tidak apa-apa untuk menikmati makanan enak, tetapi cobalah untuk batasi jumlahnya.

“Meskipun penting untuk memiliki beberapa suguhan yang menyenangkan pada saat seperti ini, kata kuncinya adalah moderasi. Dapatkan camilan favorit yang tidak terlalu sehat, tetapi bagikan dengan keluarga atau jatahi dengan porsi kecil,” katanya.

Penting juga untuk mencatat pelanggar terbesar yang menyebabkan kecemasan seperti kafein. kopi, teh, dan minuman berenergi. Minuman-minuman tersebut dapat menyebabkan orang merasa cemas, sebuah efek samping yang tidak mereka duga berasal dari kafein.

Baca juga:

Makanan hanya setengah dari usaha, penting juga untuk berolahraga setiap hari. Di saat kita diharuskan bekerja dari rumah, menjaga badan agar tetap aktif dapat membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

Singkatnya, daftar makanan yang perlu kamu dapatkan saat belanja adalah buah, sayuran, protein, biji-bijian (quinoa, beras, gandum), serta lemak sehat seperti alpukat, telur, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.(Feb)

Leave a Reply