Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Jadi Software Engineer Tanpa Gelar Sarjana (Bagian 1)

Dok/Freepik

Topcareer.id – Software engineer merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan besar maupun startup.

Kabar baiknya, bagi kamu yang mencari pekerjaan full time sebagai software engineer, ada cara yang bisa kamyu tempuh tanpa harus memiliki gelar sarjana komputer.

Seperti dikutip dari learntocodewith, berikut langkah-langkahnya:

Yakinkan diri bahwa tujuan akhirmu adalah software engineer, bukan bidang lain
Transisi menapaki karier baru tidaklah mudah. Tetapi ketika kamu memiliki tujuan akhir yang jelas dan keyakinan kuat dalam pikiran, itu akan sangat membantu ketika kamu menemui tantangan di jalan.

Jika kamu ingin semua langkahmu berhasil, kamu harus berkomitmen untuk satu tujuan akhir yaitu menjadi software engineer penuh waktu. Inilah yang akan mendorong dirimu maju ketika keadaan menjadi sulit.

Baca juga: 5 Buku Wajib Baca untuk Software Developer

Pilih bahasa pemrograman yang bagi kamu mudah untuk dipelajari
Saat memulai, banyak orang yang kesulitan menentukan bahasa pemrograman mana yang harus mereka pelajari. Ruby on Rails? Python? Django? PHP? MySQL? Begitu banyak pilihan dan sedikit waktu.

Pilihlah salah satu yang paling mudah bagi kamu. Karena sekali kamu bisa memahami salah satu bahasa pemrograman tertentu, tidak sulit untuk beralih ke bahasa pemrograman yang lainnya.

Itu berarti bahwa ketika kamu ingin menjadi software engineer, kamu harus fokus dalam memahami dasar-dasar pemrograman.

Latihan pengembangan software
Paling penting adalah learning by doing. Ini berarti mendedikasikan waktu nyata untuk menyempurnakan keterampilan baru kamu. Sisihkan sejumlah waktu setiap hari, dan setiap akhir pekan untuk belajar.

Kamu tidak bisa menjadi seorang software engineer setelah 10 jam latihan. Itu tidak mungkin. Para profesional di bidangnya bahkan mengatakan minimal dibutuhkan waktu 10.000 jam untuk bisa menjadi ahli pemrograman software engineer.

Baca juga: AI Bisa Bakal Mengancam Profesi Software Engineer

Gunakan tools yang digunakan software engineer secara nyata
Berita baiknya adalah ada banyak program di luar sana yang mengajarkan kamu cara menggunakan tools seperti Version Control with Git, kursus online melalui Coursera.

Kurikulumnya sama dengan yang digunakan Software engineer nyata setiap hari, seperti: Git/GitHub, The command-line interface, dan Bitbucket. Ini akan memungkinkan kamu untuk menyesuaikan diri lebih cepat begitu kamu berada di pekerjaan nyata.(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply