Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Enam Cara Terbaik Habiskan Jam Istirahat Makan Siang Saat WFH

Topcareer.id – Banyak dari kita yang bekerja dari rumah karena pandemi Covid-19 masih menghantui bahkan kasusnya naik karena gelombang kedua. Meski kerja dari rumah (working from home/WFH) masih dilakukan, ingat bahwa istirahat saat jam makan siang itu tetap penting demi kesehatan .

“Saat kamu bekerja dari rumah, sangat mudah untuk tidak menyadari kapan waktu makan siang atau bahkan melewatinya. Tapi kebiasaan itu bisa melukaimu dalam jangka panjang,” kata Lynn Taylor, pakar tempat kerja dan pendiri perusahaan aksesori Behind The Buckle, kepada HuffPost. Berikut beberapa cara terbaik untuk menghabiskan waktu makan siang ketika kerja di rumah saja.

1. Paling tidak, menjauh dari meja kerja

“Sangat mudah untuk melakukan semua hal di mejamu: makan siang, melakukan panggilan sosial, memeriksa berita atau cek media sosial, dan sebagainya. Tapi mengeluarkan diri dari lingkungan biasa membantumu menjernihkan pikiran, tekan tombol reset dan lalui hari yang lebih positif dan seimbang,” kata Taylor.

Baca Juga: Ingin Produktif Saat WFH, Olahraga Dahulu

Mendapatkan udara segar sangat ideal, tetapi jika kamu tidak bisa keluar, hanya pindah ke bagian lain dari rumah dapat membuat perbedaan.

2. Buatlah makan siang yang sehat. Kemudian duduk dan nikmati.

“Salah satu manfaat potensial bekerja dari rumah adalah akses ke semua bahan dan peralatan di dapur,” kata Lee Chambers, seorang psikolog lingkungan dan konsultan kesejahteraan.

“Memasak adalah kegiatan yang penuh perhatian, yang membantu kamu memutuskan hubungan dari pekerjaan dan istirahat makan siang, yang membawamu keluar dari lingkungan kerja.”

3. Pergi ke luar

Salah satu tantangan bekerja dari rumah, terutama saat terjadi pandemi, adalah bosan dan sesak. Kamu menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan ruang hidupmu sekarang adalah ruang kerjamu juga. Itulah mengapa sangat penting untuk keluar. Saat makan siang, berjalan-jalanlah di sekitar blok atau hanya duduk di luar untuk menghirup udara segar.

Baca Juga: Studi: 87 Persen Karyawan Siap WFH Meski Pandemi Telah Selesai

“Dengan keluar, kita mendapatkan pengalaman sensorik penuh dari matahari yang bersinar di mata kita, kaki kita menyentuh tanah, angin bertiup di pipi kita, suara alam atau lingkungan dan bau lingkungan baru,” kata Chambers.

4. Gerakkan tubuh

 “Bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat, termasuk tidak ada waktu perjalanan pergi-pulang kantor. Tapi salah satu kelemahannya adalah terlalu banyak duduk karena semuanya hampir dapat dijangkau,” kata Taylor.

Untuk mengatasi hal ini, gunakan waktu makan siangmu untuk bergerak: Berjalanlah di luar atau tetap di dalam dan lakukan peregangan atau nyanyikan lagu yang bagus dan menari di sekitar kamarmu.

5. Habiskan waktu dengan orang yang dicintai, secara langsung atau secara virtual.

 “Apakah itu keluarga, hewan peliharaan, atau bahkan panggilan telepon, penting untuk menemukan cara untuk terhubung secara sosial yang memutuskan hubungan kita dari pekerjaan,” kata Chambers. Para orang tua yang kini bekerja dari rumah juga bisa menghabiskan waktu ini bersama anak-anak mereka.

6. Meditasi atau lakukan latihan ringan

Gunakan bagian dari istirahat makan siangmu untuk menenangkan diri, bernapas dalam-dalam, dan memeriksa diri sendiri. Kamu dapat bermeditasi dalam keheningan atau mengikuti mediasi terpandu di ponselmu (pastikan untuk mengaturnya ke mode “jangan ganggu” terlebih dahulu).** (RW)

Leave a Reply