Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bagaimana Meningkatkan Omzet Bisnis Kuliner Selama Pandemi COVID-19

Topcareer.id – Seruan pemerintah untuk jarak sosial telah diterapkan sejak Maret. Ini tentu saja berakibat pada penurunan produktivitas yang signifikan di banyak bisnis, termasuk usaha restoran atau kafe.

Tidak ada lagi makan di restoran bersama-sama dan banyak outlet ditutup sementara untuk memperlambat penyebaran virus corona. Apakah itu berarti tidak ada cara bagi usaha berjualan makanan dan minuman untuk selamat dari krisis ini?

Kamu masih bisa kok meningkatkan penjualan bisnis kuliner kamu selama wabah virus corona. Pandemi ini mungkin telah menyebabkan banyak bisnis kehilangan keuntungan mereka, tetapi ini tidak berarti bahwa bisnis kuliner kamu harus mengalami hal yang sama.

Banyak orang masih mengandalkan restoran dan kafe untuk membeli makanan dan minuman sehari-hari mereka karena tidak semua orang bisa atau ingin membuat makanan mereka sendiri.

Baca Juga: Tips Membangkitkan Bisnis usai Pandemi

Berikut ini lima cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan omzet bisnis kuliner kamu selama krisis!

  1. Tingkatkan tampilan makanan dan kualitas pengiriman
    Sekarang saatnya bagi pemilik bisnis kuliner untuk fokus pada layanan takeaway dan pengiriman. Kamu bisa meningkatkan pengalaman pelanggan melalui hal ini. Pertama-tama, presentasi makanan takeaway kamu perlu ditingkatkan. Ini akan membuat kesan yang baik pada pelanggan. Kamu juga bisa menggunakan presentasi yang bagus untuk diupload ke Instagram. Kedua, tunjukkan kepedulian kamu terhadap kesehatan pelanggan dengan memberi mereka kartu ucapan atau catatan di kotak makanan mereka. Ungkapkan rasa terima kasih kamu kepada pelanggan atas kesetiaan mereka kepada usaha kuliner kamu selama situasi sulit. Kamu juga bisa menulis catatan yang mengingatkan mereka untuk mencuci tangan sebelum menikmati makanan sehingga bisa meninggalkan kenangan khusus bagi mereka.
  2. Buat menu makanan sehat untuk pelanggan
    Untuk menunjukkan kepedulian kamu terhadap kesehatan pelanggan, pertimbangkan untuk menambahkan hidangan baru yang lebih sehat ke menu. Di tengah pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat akan makanan sehat semakin meningkat. Jadi mengapa tidak mengambil keuntungan dari situasi ini? Selain membantu meningkatkan omzet kamu, ini juga membantumu mendapatkan pelanggan jenis baru, seperti vegetarian atau mereka yang melakukan diet khusus.
  3. Kelola shift kerja karyawan secara efektif
    Jika kamu harus tetap membuka restoran atau kafe, kamu harus membuat jadwal shift kerja yang bijak. Hal ini kemungkinan besar mengharuskan kamu meningkatkan jumlah karyawan karena jam kerja karyawan berkurang, tetapi itulah konsekuensi yang harus dihadapi.
  4. Optimalkan manajemen stok
    Persediaan stok adalah salah satu elemen terpenting dalam manajemen restoran. Kamu tidak ingin kehilangan pelanggan karena kekurangan stok, tetapi kamu juga tidak ingin kelebihan stok. Cara terbaik untuk mengelola stok adalah dengan menggunakan aplikasi manajemen restoran yang memungkinkan kamu merampingkan inventaris dan proses pengadaan. Aplikasi manajemen restoran bisa membantu kamu dalam memonitor level stok, menangani permintaan stok dan mentransfer stok ke outlet yang kehabisan stok, menghitung nilai stok, dan masih banyak lagi. Pastikan juga kamu menjalin komunikasi yang baik dengan pemasok agar kamu tetap dapat memenuhi permintaan pelanggan setiap hari.
  5. Fokus pada pemasaran digital
    Karena aturan menjaga jarak fisik masih terus berlangsung, kamu bisa memanfaatkan situasi saat ini untuk meningkatkan pemasaran digital. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dengan mengandalkan internet. Karena itu, memposting iklan di media sosial dan mengirim penawaran adalah salah satu cara terbaik yang dapat bisa kamu lakukan untuk meningkatkan omzet bisnis kuliner kamu. Buatlah konten menarik di Instagram secara teratur. Kamu bisa menggunakan iklan gratis, tetapi menggunakan iklan berbayar akan sangat membantu posting kamu mendapatkan lebih banyak viewers. Pertimbangkan mendekorasi situs web atau Instagram bisnis kuliner kamu dengan konten yang bermanfaat dan dapat dibaca oleh pembaca.** (RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply